Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

MONSTER Group dan FILKOM adakan Webinar Internship untuk Mahasiswa dan Live Job Fair

MONSTER Group dan FILKOM adakan Webinar Internship untuk Mahasiswa dan Live Job Fair

Bentuk inisiasi kerjasama antara Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dengan Monster Group tampak terlihat dari berbagai kegiatan yang terlaksana. Selasa (14/03/2023) lalu telah diselenggarakan Online Intership Fair serta pada pada Jum’at (17/03/2023) diselenggarakan Live Job Fair yang diadakan secara hybrid di Gedung Kreativitas Mahasiswa FILKOM serta Zoom. Kedua kegiatan tersebut turut dihadiri Ageng Budiharjo Wijaya, SE., M.Sc., CFP selaku Monster Group Operation Director for East Region serta beberapa staf dari Monster Group, sedangkan dari pimpinan dari FILKOM yaitu Ketua Program Studi Magister Ilmu Komputer, Sabriansyah Rizqika Akbar, S.T., M.Eng., Ph.D serta Ketua Program Studi Sarjana Teknik Komputer, Barlian Henryranu Prasetio, S.T., M.T., Ph.D.

Pada Online Intership Fair, Sabrianyah menjelaskan bahwa program internship ini bertujuan guna memfasilitasi kebutuhan industri serta menambah pengalaman bagi para mahasiswa untuk mengetahui kehidupan di dunia kerja sebenarnya. Selain itu juga tercapainya Capstone Design dimana pada dasarnya kulminasi dari kuliah semester 1 sampai dengan semester 6, sehingga mahasiswa yang memenuhi syarat saja yang dapat mendaftar program ini yaitu 130 SKS dan dilakukan seleksi lebih lanjut oleh pihak Monster Group.

Penjelasan program internship oleh pihak Monster Group

“Untuk program internship ini nantinya pihak mitra akan menawarkan daftar topik yang masuk dalam capstone project yang sifatnya aplikatif dan dilaksanakan menggunakan konsep capstone design. Dalam capstone project ini mahasiswa tidak diperbolehkan mengajukan topiknya sendiri,” tegas Sabriansyah.

Nantinya permasalahan yang diangkat dalam capstone project ini merupakan masalah yang bersifat umum dan terjadi di dunia nyata. Merujuk pada masalah tersebut, para mahasiswa yang terpilih akan memformulasikan masalah engineering.

Selain penjelasan dari Sabrianya juga ada paparan dari pihak Monster Group yang diwakili oleh Sandra Pratiwi yang mengenalkan lebih dekat mengenai profil perusahaanya kepada para mahasiswa yang hadir. Saat ini Monster Group berkantor pusat di Indonesia dan memiliki lebih dari 300 karyawan dari beragam anak perusahaan. Selain kantor pusat yang berada di Ciputat, Monster Group juga memiliki tujuh kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan empat kantor cabang di beberapa negara, seperti Singapura, Vietnam dan Amerika Serikat.

Ageng Budiharjo sedang mengenalkan Monster Group kepada para mahasiswa

Pada kegiatan kedua yang dilaksanakan Jum’at (17/3/2023) yaitu Live Job Fair dibuka oleh Ketua Program Studi Sarjana Teknik Komputer, Barlian Henryranu Prasetio, S.T., M.T., Ph.D. dia menyampaikan  kerjasama FILKOM dengan Monster ini merupakan kerjasama yang positif. Banyak alumni dari FILKOM UB juga berkarir di Monster Group sehingga memudahkan adik tingkatnya yang sudah lulus dapat bekerja di Monster, tentunya dengan kualifikasi yang sesuai dari pihak Monster.

“Banyak para alumni FILKOM kurang lebih 2-3 tahun bekerja di Moster dan sekarang sudah memiliki jabatan seperti manajer. Tidak hanya dari Prodi Tekkom saja, para alumni yang bekerja disana juga ada yang berasal dari Prodi SI dan Prodi TIF,”kata Barlian.

Barlian berharap dengan adanya job fair ini para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dapat benar-benar menyelesaikan skripsinya di akhir semester ini sehingga pada semester depan sudah dapat menjadi keluarga besar Monster Group.[drn/Humas UB]