Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UNJA Terima Kunjungan Temasek Polytechnic Singapura Diskusikan Berbagai Kerja Sama

UNJA Terima Kunjungan Temasek Polytechnic Singapura Diskusikan Berbagai Kerja Sama

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) menerima kunjungan Tim Temasek Polytechnic Singapura pada Selasa, 21 Maret 2023, bertempat di Ruang Rapat Senat UNJA Mendalo. Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara kedua belah pihak, terutamanya dalam pelatihan Drone Aerial Mapping Project di UNJA.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor UNJA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si., Kepala BAK, Kepala BUPK, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala UPT, Koordinator Humas, dan Subkoordinasi Kerja Sama yang ada di lingkup UNJA. Tim Temasek Polytechnic Singapura yang hadir terdiri dari 6 orang.

Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si., menyambut baik kedatangan tim Temasek Polytechnic Singapura dan berharap akan ada kolaborasi yang bisa dikerjakan bersama.

“Kami berharap akan ada kolaborasi seperti pertukaran mahasiswa atau pelatihan bersama dalam dunia industri antara UNJA dan Temasek Polytechnic Singapura. UNJA sangat berbahagia atas kedatangan Temasek Polytechnic Singapura di kampus kami,” ujar beliau.

Komjen Kementerian Luar Negeri Singapura, Dr. Edmund Chia Keng Wei, menjelaskan bahwa ini kedatangan keduanya di Jambi. Ini juga merupakan bentuk nyata dari hasil perbincangan antara dirinya dengan Rektor UNJA pada waktu itu.

“Ini kedua kalinya saya berkunjung ke Jambi, pada kedatangan pertama saya sudah berbicara dengan Rektor UNJA untuk membicarakan hal-hal yang bisa dikolaborasikan antara Temasek Polytechnic Singapura dan UNJA. Menindaklanjuti hal itu, saya membawa tim dari Temasek Polytechnic Singapura  untuk melaksanakan pemetaan menggunaan drone. Temasek Polytechnic Singapura  terkenal dengan riset-riset besar yang ada di Singapura, bedanya dengan universitas itu kami berfokus mempersiapkan SDM yang berkualitas dan sudah memiliki keahlian. Saya berharap Temasek Polytechnic Singapura  dan UNJA dapat berdiskusi di area mana yang bisa kita kerja samakan. Jika ada bidang lain di luar kemampuan Temasek Polytechnic Singapura, saya akan siap membantu memfasilitasi mengundang pihak lain yang kompeten. Hubungan ini juga akan memperkuat hubungan bilateral antara Singapura dan Jambi,” tutur Dr. Edmun.

Direktur Hubungan Internasional Temasek Polytechnic Singapura, Teo Sze Cheng, memaparkan tujuan dan biodata mengenai kampusnya. Beliau menawarkan proyek pemetaan wilayah banjir yang ada di Jambi beserta dengan proyek-proyek kemahasiswaan lainnya.

“Suatu kehormatan bagi kami datang pertama kalinya ke Jambi. Saya bertemu banyak orang yang ramah dan murah senyum di Jambi, ini akan saya ceritakan kepada orang-orang di Singapura. Temasek Polytechnic Singapura mempunyai 6 fakultas, hari ini kami membawa tim dari Fakultas Teknik. Tujuan dari kedatangan kami adalah untuk membahas potensi peluang kerja sama dengan UNJA. Kami ingin menawarkan proyek pemetaan wilayah banjir yang ada di jambi. Kami bahagia atas kesempatan kami bisa berkunjung ke UNJA, yang harapannya bisa melakukan kerja sama pertukaran mahasiswa dan kunjungan mahasiswa antar kedua negara. 70% mahasiswa kami akan ditargetkan untuk bisa mencari pengalaman di luar negeri, saya berharap dapat memfasilitasi seluruh fakultas kami untuk bisa bekerja sama dengan UNJA,” papar Teo Sze Cheng.

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan profil singkat Temasek Polytechnic Singapura, pengenalan UNJA oleh Dr. Forst Bambang Irawan, S.P., M.Sc. IPU, dan tanya jawab antara peserta yang hadir dengan pihak Temasek Polytechnic Singapura.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS