Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Satgas P4GN UNJA Akan Roadshow ke Fakultas, Bentuk Pegiat Anti Narkotika

Satgas P4GN UNJA Akan Roadshow ke Fakultas, Bentuk Pegiat Anti Narkotika

Mendalo,- Tim Satuan Tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Universitas Jambi melaksanakan kegiatan penangan secara terpadu terhadap pemberantasan, pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dalam rangka mewujudkan Universitas Jambi bersih dan bebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkotika.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc.,Ph.D mengatakan tim satgas P4GN UNJA pada tahun 2023 juga akan melakukan berbagai kegiatan.

“Tim satgas akan melakukan sosialisasi baik itu melalui spanduk, baliho yang ada di tipa-tiap Fakultas dan tempat strategis lainnya, selain itu juga akan diadakan roadshow ke fakultas-fakultas serta membentuk relawan penggiat P4GN dan mengadakan tes urine,”ujarnya.

Selain itu ia juga mengatakan tidak hanya melakukan sosialisasi dan membentuk tim relawan penggiat P4GN tetapi juga akan melakukan tes urine.

Dasar hukum Tim satgas P4GN UNJA yaitu menindaklanjuti Inpres No.2 tahun 2020 tentang RAN P4GN (Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) dan berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek dan Teknologi permendikbud nya no 38 tahun 2019 tentang P4GN dilingkungan Kemendikbudristek .

Selain itu, Satgas ini juga menindaklanjuti hasil kunjungan kepala BNN Provinsi Jambi pada bulan September 2022 yang lalu ke Universitas Jambi, kunjungan dilakukan dalam rangka melakukan P4GN dan satgas akan terus berkolaborasi dengan BNN, khususnya terkait dengan tes urine bagi para ASN di UNJA.

Universitas Jambi telah membentuk Tim Satuan Tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Universitas Jambi sejak tahun 2022, berbabagi kegiatan pun telah dilakukan oleh P4GN seperti sosialisasi melalui spanduk dan baliho, kemudian pembinaan mental menghadirkan kepala BNNP Jambi, deklarasi UNJA sebagai kampus BERSINAR (Bersih Narkoba) dan lain sebagainya.

Silvia Yuliansari Asril / HUMAS