Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pendampingan RBL-STEM Oleh UNEJ

Pendampingan RBL-STEM Oleh UNEJ

Selasa, 21/03/2023. MTs Negeri 7 Jember menyelenggarakan Workshop Pendampingan Pengembangan RBL-STEM dalam Meningkatkan Kreativitas Memfasilitasi Siswanya Mewujudkan Literasi Perubahan Iklim Berbasis Machine Learning pada Guru MTs Negeri 7 Jember. Pembicara dalam workshop ini adalah Prof. Dafik, M.Sc., Ph.D, Dr. Ika Hesti Agusti, M.Sc., dan Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd dari Universitas Jember. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meingkatkan produktivitas guru dalam memfasilitasi siswanya dengan pembelajaran IT yang berbasis riset.

Kegiatan ini dihadiri oleh selurub guru MTs Negeri 7 Jember. Dalam sambutannya, Kepala MTs Negeri 7 Jember mengucapkan rasa terimakasih kepada Universitas Jember yang telah meluangkan waktu untuk melakukan pendampingan pengembangan RBL-STEM. Selain itu, beliau berharap kegiatan ini merupakan awal dari bentuk Kerjasama MTs Negeri 7 Jember dengan Universitas Jember untuk lebih lanjut melakukan penelitian.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Prof. Dafik, M.Sc., Ph.D. Beliau menyampaikan garis besar dalam pembahasan ini adalah sekolah telah diberi kebebasan dalam melakukan pembelajaran oleh pemerintah. Sehingga dengan adanya program ini diharapkan semua guru dapat menerapkan pembelajaran IT berbasis riset dan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam melakukan penelitian baik dibidang humaniora, sains, dan agama.

Pemateri selanjutnya Dr. Ika Hesti Agustin, beliau memberikan contoh penerapan pembelajaran berbasis riset. dan Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd, beliau menekankan pembelajaran yang diharapkan selalu memanfaatkan teknologi-teknologi terkini dan siswa dapat diajak langsung meneliti keadaan sekitar dengan bantuan teknologi yang ada.