Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UNJA Hadiri SEA – Teacher Student Exchange Summit di Thailand dan Jalin Mou/FoC dengan 5 Univeritas dari Filipina dan Vietnam

Rektor UNJA Hadiri SEA – Teacher Student Exchange Summit di Thailand dan Jalin Mou/FoC dengan 5 Univeritas dari Filipina dan Vietnam

THAILAND,- Rektor Universitas Jambi (UNJA), Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. menghadiri kegiatan “SEA – Teacher Student Exchange Summit” yang dilaksanakan pada tanggal 20 – 23 Maret 2023 di Avani Hotel Sukhumvit Bangkok, Thailand.

Kehadiran Rektor UNJA dalam kegiatan tersebut berdasarkan undangan langsung dari Dr. Ethel Agnes Pascua – Valenzuela, selaku Director South East Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) pada tanggal 9 Februari 2023.

Terdapat 4 tujuan dari penyelenggaraan SEA-Teacher Student Exchange Summit, yaitu: untuk berbagi dan mempelajari inisiatif dan pendekatan inovatif dari pertukaran pelajar-guru pra-jabatan yang dilaksanakan oleh institusi selama pandemi COVID-19; mendiskusikan dan merencanakan gelombang ke-9 pertukaran pelajar pra-jabatan; mencari komitmen dari lembaga peserta dalam pelaksanaan Proyek SEA-Teacher gelombang ke-9 pada pertengahan tahun 2023; serta menjalin dan memperkuat kemitraan antar lembaga yang berpartisipasi.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 120-150 peserta dari 48-65 institusi, universitas, atau perguruan tinggi keguruan di bawah SEA-Teacher Network di kawasan Asia Tenggara.

Selain penandatangan MoU dengan SEAMEO, Rektor UNJA juga menandatangani MoU bilateral dengan:

  • President Ramon Magsaysay State University, Filipina;
  • Dong Thap University, Vietnam; dan
  • University of Northern Philippines.

Serta menandatangani framework of cooperation dengan:

  • Far Eastern University, Filipina;
  • Don Mariano Marcos Memorial State University, Filipina; dan
  • Philippine Normal University.

Kepala UPT Layanan Internasional UNJA, Dr. Sri Wachyunni, S.S., M.Hum., M.A., mengatakan bahwa UNJA masing-masing akan menerima dan mengirim 10 mahasiswa ke beberapa negara ASEAN.

“Tahun ini UNJA akan menerima 10 mahasiswa international dari negara-negara ASEAN dan juga mengirim 10 mahasiswa UNJA ke beberapa negara ASEAN di bawah payung SEAMEO,” tutur Dr. Sri.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS