Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Semarak Ramadhan 1444H di Universitas Jambi

Semarak Ramadhan 1444H di Universitas Jambi

MENDALO,- Ramadhan 1444H secara resmi telah ditetapkan pada 23 Maret 2022 oleh Pemerintah Indonesia melalui Sidang Isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI. Universitas Jambi (UNJA) menyambut bulan Ramadhan 1444H ini dengan menggelar banyak kegiatan semarak yang dilakukan oleh para civitas akademikanya.

Korpus HUMAS UNJA, Mochammad Farisi, S.H. LL.M. mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan beraneka ragam mulai dari kegiatan ekonomi, sosial, hingga keagamaan, yaitu:

  • Pasar bedug oleh Badan Pengelola Usaha (BPU) UNJA;
  • Safari Ramadhan dan pemberian bantuan/cinderamata ke 6 Masjid di wilayah Kota Jambi;
  • Masjid Jami’ As-Salam sebagai masjid utama UNJA mengadakan banyak kegiatan seperti: kajian ba’da Zuhur, tadarus Al-Qur’an, tahsin Qur’an, tahfiz Qur’an juz 30, buka puasa bersama, tarawih, dan zakat fitrah;
  • Dharma Wanita Persatuan (DWP) pada hari pertama bulan Ramadhan berbagi takjil di Masjid Jami’ As-Salam. Lalu DWP UNJA juga mengadakan bazar pada tanggal 6 April 2023 seraya memperingati Dies Natalis UNJA ke-60.
  • Masjid-masjid fakultas di lingkungan UNJA juga mengadakan kegiatan Gema Ramadhan, seperti Masjid Ar-Razi FKIK mengadakan kajian keislaman, tadarus, buka puasa bersama, dan shalat tarawih berjamaah, serta Masjid FKIP juga rutin menggelar buka puasa bersama dan tarawih berjamaah untuk para mahasiswa.

“Anggaran buka bersama di masjid-masjid fakultas dan masjid universitas adalah dari donasi atau sedekah keluarga besar UNJA yang dikoordinir oleh pengurus Masjid Jami’ As-Salam. Semoga ibadah puasa tahun ini lebih baik dan berkah bagi seluruh civitas akademika Universitas Jambi,” ujar Farisi.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS