Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Untirta Optimis Dapatkan Hasil Maksimal untuk Akreditasi AUN-QA

Untirta Optimis Dapatkan Hasil Maksimal untuk Akreditasi AUN-QA

SERANG-AUN-QA atau Asean University Network Quality Assurance merupakan basis akreditasi internasional yang diajukan program studi pada tingkat Asia Tenggara. Untirta dalam hal ini menjadi salah satu destinasi AUN-QA dalam bertujuan untuk mencapai mutu pendidikan tinggi universitas untuk beberapa program studi.

Ada beberapa program studi yang diajukan dalam akreditasi ini di antaranya adalah Administrasi Publik, Teknis Industri, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Nonformal. Pelaksanaan akreditasi itu dilakukan secara mandiri oleh Tim AUN-QA dengan didampingi oleh sivitas akademika Untirta yang berlangsung dalam rentang waktu 24-25 Maret 2023 dan 27-31 Maret 2023.

Verifikator lokal AUN-QA Dr. Sabarinah, MD., M.Sc., dari Universitas Indonesia tiba di Untirta pada Jumat 24 Maret 2023 yang merupakan permulaan dari proses akreditasi ini.

Dr. Sabarinah dalam kunjungannya kepada Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., mengatakan, ia mencoba untuk mereview apa saja yang terjadi dalam perkembangan di Kampus Untirta baik secara fisik maupun nonfisik

“Mencoba untuk melihat di lapangan seperti apa dan saya setelah melihat kampus ini akhirnya belajar dari pengalaman di fakultas saya, bahwa ISO ini menjadi salah satu pendorong, menjadi semacam motivasi untuk meraih hasil maksimal di AUN-QA ini,” katanya.

Sementara Pof. Fatah menuturkan proses akteditasi AUN-QA menjadi salah satu proses percepatan kampus menuju PTNBH yang menjadi paradigma baru di lingkungan kampus.

“Ada mandatori untuk menjadi PTNBH. Mau tidak mau kita harus menuju ke sana. Berdasarkan pantauan rangking, Webometrics kita di urutan ke-29 dan versi Greenmetrics kita ada di urutan ke-19. Cukup siginfikan perubahannya karena sebelumnya kita ada di baseline 79. Semoga dengan proses akreditasi ini semakin menambah semangat atau semacam legacy menuju PTNBH,” tuturnya.(HI/AAP/VDF)