Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

SAMBIL NGABUBURIT, YUK KITA BUAT KOLAK PISANG UNTUK BUKBER

SAMBIL NGABUBURIT, YUK KITA BUAT KOLAK PISANG UNTUK BUKBER

(UINSGD.AC.ID)-Saat Ramadhan tiba, selain es dan gorengan, kolak juga menjadi hidangan yang ditunggu-tunggu ketika berbuka puasa.

Dikutip dari laman Rasa Bunda, berkat banyaknya pencinta kolak, tak sedikit pedagang kaki lima yang akhirnya menjajakan beragam kolak pada bulan puasa, ada kolak ubi, pisang, singkong, dan kolak lainnya.

Alasannya sederhana karena kolak memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan cukup mengeyangkan sehingga cocok dijadikan menu andalan buka puasa.

Nah, kali ini kami akan berikan resep kolak pisang yang manis dan gurih khusus untuk Anda agar Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Selain lebih terjamin, Anda juga bisa memilih jenis pisang yang cocok diolah menjadi kolak. Pisang kepok bisa menjadi pilihan Anda karena selain memiliki tekstur yang empuk, pisang ini juga memiliki rasa yang manis sehingga membuat buka puasa terasa lebih nikmat.

Bahan-bahan:

  • Pisang kepok – 6 buah
  • Santan dari 1/2 butir kelapa (kekentalan sesuai selera) – 500 ml
  • Gula merah – 2 buah
  • Gula pasir – 1 sdm
  • Daun pandan – 1 lembar
    Air – 150 ml

Dikutip dari laman Resep Koki, kolak pisang merupakan salah satu dessert khas Nusantara yang populer. Kolang pisang menjadi salah satu hidangan yang dinanti-nanti ketika berbuka puasa. Selain cukup mengenyangkan, rasanya yang manis juga bisa membuat tubuh kembali bertenaga seketika. Kuah kolak pisang memiliki perpaduan cita rasa yang manis dan gurih karena dihasilkan dari campuran santan dan gula aren.

Meskipun disebut kolak pisang, tidak semua pisang cocok diolah menjadi kolak. Jenis pisang yang disarankan adalah pisang kepok matang. Selain memiliki tekstur yang empuk, pisang jenis ini juga memiliki rasa yang manis. Kolak pisang ini bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

Dikutip dari laman Cook Pad, cara membuatnya

Langkah 1
Masukkan air, gula merah dan daun pandan ke dalam sebuah panci, lalu didihkan dengan api kecil sampai gula merah larut dengan air. Sesekali aduk rata.

Langkah 2
Kemudian tambahkan santan, garam dan gula pasir, lalu aduk rata sampai santan dan gula pasir larut dan menyatu dengan air gula. Koreksi rasa, apabila terasa kurang manis tambahkan gula pasir.

Langkah 3
Lalu tambahkan potongan pisang, kemudian aduk rata dan tunggu sampai pisang berubah warna menjadi agak kecokelatan karena diresapi oleh air gula merah. Lalu matikan api kompor.

Langkah 4
Kemudian sajikan di dalam mangkok. Kolak Pisang Sederhana siap untuk dinikmati.

Selama bulan puasa (Ramadhan), cocok nih sebagai salah satu alternatif hidangan berbuka puasa. ^,^

Catatan: pilih pisang kepok kuning (kepok kecil) atau pisang tanduk untuk hasil yang lebih baik.