Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Kunjungan DPM dan BEM FH UMJ ke Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta

Kunjungan DPM dan BEM FH UMJ ke Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta

Tujuh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (FH UMJ) yang tergabung dalam Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) mengunjungi dua perguruan tinggi Islam di Yogyakarta yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan Universitas Islam Indonesia, Senin (20/03/2023). Kegiatan ini digelar untuk mempererat silaturahmi dan mewujudkan kualitas lembaga mahasiswa yang produktif dan progresif.

Pertemuan yang dilaksanakan di dua lembaga mahasiswa di masing-masing kampus tersebut, membahas tentang karakteristik organisasi mahasiswa, hierarki peraturan mahasiswa, dan sistem kepartaian dalam Pemilihan Umum Raya (PEMIRA). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan Universitas Islam Indonesia menjadi kampus yang dituju, karena lembaga kemahasiswaannya sudah cukup mapan.

Ketua Umum DPM FH UMJ Emir Suni Doliano Harahap menyampaikan bahwa studi banding ini akan memberikan pandangan baik bagi mahasiswa UMJ, khususnya di FH. Menurutnya, lembaga kemahasiswaan yang produktif dan progresif berawal dari peraturan mahasiswa yang disusun secara baik dan benar.

“Kita juga dapat mengetahui sejauh mana sistem kepartaian dapat berimplikasi terhadap kelembagaan di masa depan. Tindak lanjutnya, kami akan membuat peraturan tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, PEMIRA, dan Kepartaian. Semoga segera dapat diakomodir oleh lembaga yang berada di tingkat universitas di UMJ, bukan FH saja,” jelas Emir saat dimintai keterangan secara daring, Sabtu (25/03/2023).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum BEM FH UMJ Sanulqi Ardy berharap agar kegiatan studi banding tersebut bisa menjadi referensi untuk manajemen lembaga kemahasiswaan di FH sehingga akan meningkatkan kualitas penyusunan program kerja lembaga di tingkat fakultas maupun universitas. (QF/KSU)