Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

BEM FAI UAD Gelar Pameran Digital 2023 dan Launching Website Ormawa

BEM FAI UAD Gelar Pameran Digital 2023 dan Launching Website Ormawa

Opening Ceremony Pameran Digital 2023 dan Launching Website Ormawa yang diselenggarakan BEM FAI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Rizky Alida)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Pameran Digital 2023 dan Launching Website Organisasi Mahasiswa (Ormawa) FAI UAD pada Kamis, 16 Maret 2023. Bertempat di Hall Kampus IV UAD, acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Dekan I FAI Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Akademik, dan Kemahasiswaan Dr. Arif Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I.

“Pameran kerap diasosiasikan dengan hal-hal yang bersifat kesenian. Kali ini, BEM FAI UAD mencoba keluar dari zona nyaman dengan menghadirkan pameran dalam bentuk seni yang berbeda, yakni pameran dalam bentuk digital,” tutur Gubernur BEM FAI Fakhri Ilham.

Tahun 2023 menjadi peluncuran perdana Pameran Digital untuk diselenggarakan di lingkungan kampus UAD. Mengusung tema “Social Movement Transformation”, acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap karya-karya mahasiswa FAI UAD, sekaligus memfasilitasi mahasiswa FAI UAD untuk mengembangkan pemahaman terkait dunia digital dalam berbagai bidang. Khususnya di bidang sosial, pendidikan, hingga kewirausahaan.

Arif menuturkan bahwa digitalisasi merupakan aspek fundamental di zaman modern karena hampir seluruh aspek kehidupan manusia dipengaruhi oleh adanya digitalisasi. Maka, penting bagi mahasiswa untuk bisa mengetahui dan memahami cara menggunakan media digital dengan baik dan benar. “Digitalisasi saat ini terbilang sangat penting. Dan acara ini merupakan kesempatan emas bagi teman-teman untuk belajar lebih terkait digitalisasi dan cara kerjanya,” jelasnya.

“Ini merupakan inisiasi awal bagi kita untuk dapat beradaptasi dengan zaman. Semoga Pameran Digital kali ini dapat terlaksana dengan lancar,” tutur Muhammad Ilham selaku ketua panitia dalam wawancara bersama News UAD.

Selepas pembukaan, acara dilanjutkan dengan seminar nasional yang disampaikan oleh M. Abduh Zulfikar, S.Pt. selaku wirausahawan dan pendiri sekaligus Direktur Utama PT Madhar Madhava Manggala serta pendiri sekaligus Ketua Jaringan Peternakan Muhammadiyah Yogyakarta. Acara kemudian ditutup dengan Launching Website Ormawa FAI UAD oleh Wakil Gubernur BEM FAI UAD Angga Yuniarto.

Dikutip dari pernyataan Angga, peluncuran Website Ormawa FAI UAD menandai dibentuknya wadah perhimpunan informasi terkait kegiatan-kegiatan seluruh ormawa yang ada di FAI guna memberikan kemudahan akses bagi Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) FAI UAD. Tak hanya sebagai pusat informasi, situs web ini diharapkan dapat menjadi ruang publik bagi KBM FAI dalam berekspresi baik dalam bentuk karya tulis maupun karya visual.

Rangkaian Pameran Digital 2023 tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa FAI UAD, tetapi juga terbuka bagi seluruh mahasiswa UAD. (Lid)

uad.ac.id