Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Berjualan Takjil Latih Wirausaha Para Pengurus OSIS

Berjualan Takjil Latih Wirausaha Para Pengurus OSIS

Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Negeri 11 Semarang angkatan 33 tahun 2023 ini baru saja terpilih melalui Pemilos pada hari Senin, 20 Maret 2023. Pasangan calon ketua dan wakil OSIS nomor urut 1 mendapatkan 302 suara dengan penilaian dari perwakilan guru sebesar 1451, untuk paslon 2 mendapatkan 320 suara dengan penilaian skor 1441 dan untuk paslon 3 mendapatkan 135  suara dengan penilaian dari perwakilan guru sebesar 1450. Untuk proporsi penilaian sebagai penentu siapa yang menjadi ketua dan wakil ketua OSIS adalah 70% dari suara pemilihan ditambah dengan 30% dari penilaian perwakilan guru, sehingga pasangan ketua dan wakil ketua nomor urut 2 mendapatkan penilaian terbanyak yaitu 328,15 sedangkan paslon 1 sebesar 323,35 dan paslon 3 sebesar 264,75. Usai pemilihan, maka yang akan dilakukan mereka bersama para pengurus yang baru melakukan kolaborasi dengan pengurus yang lama sampai masa bakti pengurus lama berakhir. Kolaborasi yang apik ini sekaligus sebagai wahana para pengurus yang baru ikut belajar menjalankan program-program yang telah dijalankan, sehingga ketika pengurus lama berakhir masa baktinya, pengurus yang baru ini akan meneruskan tongkat estafetnya lebih mudah karena sudah menyesuaikan irama kerjanya.

Belajar wirausaha merupakan salah satu program yang ada di kepengurusan OSIS. Pada bulan Ramadhan ini bagi mereka merupakan peluang yang bagus untuk mendapatkan finansial secara mandiri. Dari kas yang dimiliki oleh angkatan 32, para pengurus baru tersebut meminjam sebagai modal awalnya. Setelah mereka berdiskusi akhirnya di bulan Ramadhan ini menetapkan akan berwirausaha menjual takjil, sekaligus untuk melatih mental. Berwirausaha inilah tantangan yang sudah kami berikan dari bidang kesiswaan kepada mereka calon ketua dan wakil OSIS sebelum pemilos dan sekarang dilanjutkan kepada seluruh pengurus untuk berkolaborasi melakukan kegiatan berwirausaha. Tantangan ini sejalan dengan apa yang sudah menjadi impian Kepala Sekolah, Drs. Luluk Wibowo, S.T., M.T, bahwa semua organisasi yang ada di SMK Negeri 11 Semarang harus menjalankan kewirausahaannya. Bagi beliau, kewirausahaan harus menjadi jiwa dari siswa di SMK Negeri 11 Semarang.

“Selamat malam Pak, OSIS angkatan 33 tadi sore melakukan wirausaha di  bumirejo dan di depan Undip Tembalang”, lapor Silfi wakil OSIS angkatan 32 kepada saya melalui whatsapp. Rasa bahagia ketika pengurus OSIS ini mampu menjalankan tantangan yang telah diberikan. Tantangan ini sebagai langkah awal bagi mereka untuk mengembangkan jiwa wirausahanya dengan harapan dapat menghidupi organisasi yang mereka pilih. Berjalannya organisasi diperlukan finansial, namun betapa bangganya ketika finansial tersebut diperoleh dari jerih payah mereka dengan melakukan wirausaha.

Kegiatan menjual takjil ini akan dilakukan selama bulan Ramadhan. Di samping untuk mencari dana untuk kas bagi pengurus baru, mereka sebenarnya sedang membangun kecerdasan kolektif, jangan sampai kecerdasan kolektif manusia kalah dengan hewan yang bernama semut dan tawon. Selamat untuk pengurus OSIS baru yang terpilih. Selamat menjalankan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk menghidupi organisasimu. Wirausaha merupakan kegiatan yang paling utama yang akan terus dikembangkan di OSIS, bahkan akan merambah pada organisasi-organisasi lain yang ada di SMK Negeri 11 Semarang. (Penulis: Diyarko)