Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Salfa Azizah Terpilih Menjadi Mahasiswa Berprestasi Unisba 2023

Salfa Azizah Terpilih Menjadi Mahasiswa Berprestasi Unisba 2023

Komhumas – Salfa Azizah Giyatsilah dari Fakultas Kedokteran, terpilih menjadi mahasiswa berprestasi (mawapres) Universitas Islam Bandung 2023. Mahasiswa semester empat ini terpilih menjadi mawapres setelah melewati serangkaian proses seleksi dan menyisihkan sembilan kandidat dari berbagai fakultas. Unsur penilaian yang harus dipenuhi untuk meraih gelar mahasiwa berprestasi yaitu wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 terhitung mulai semester 1 sampai 4, mengirimkan prestasi akademik maupun non-akademik yang diraih semenjak jadi mahasiswa, serta membuat karya tulis ilmiah sesuai dengan bidang kajian yang diampu dan mempresentasikannya menggunakan bahasa Inggris.

Selama menjadi mahasiswa, Salfa telah banyak menorehkan prestasi di berbagai ajang perlombaan. Hal ini juga yang menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Salfa dibanding kompetitor lainnya. Prestasi yang diraih Salfa di antaranya Juara I Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Unisba 2023, 1st Best Speaker Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Unisba 2022, Juara 1 Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Unisba 2022, 4st Best Speaker Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Unisba 2022, dan terpilih sebagai Duta Bahasa Jawa Barat.

Salfa akan mewakili Unisba pada ajang pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat wilayah tahun ini. Penyerahan piagam penghargaan dilakukan Wakil Rektor III, Dr. Amrullah Hayatudin, SHI., M.Ag. di Gedung LPPM Unisba, Senin (27/3). Wakil Rektor III mengatakan, Salfa berhasil mengungguli dan memenuhi beberapa komponen penting yang menjadi unsur penilaian mulai dari portofolio, wawasan, dan argumentasi saat menyampaikan presentasi. Beliau berharap Salfa bisa menjadi representasi Unisba dan bukan hanya melaju ke tingkat wilayah tapi juga nasional.

“Besar harapan kami, Salfa bisa melaju ke tingkat nasional. Ini harapan, tidak untuk menjadi beban. Namun, bagaimanapun tekad itu harus ada. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin sebagaimana firman Allah bahwa barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin maka mereka adalah orang-orang yang beruntung,” ujarnya.

Selain itu, Warek III juga memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah berpartisiasi dalam kegiatan mawapres tahun ini. Beliau menerangkan bahwa mereka adalah orang-orang terpilih dan tidak perlu merasa rugi meskipun gagal meraih gelar juara. Menurutnya pengalaman yang didapat pada ajang ini jauh lebih berharga dan bisa membuka kesempatan bagi mereka untuk masuk ke dunia kerja.

“Bapak yakin apa yang dilakukan teman-teman hari  ini akan menambah portfolio. Ini menjadi point tambahan untuk teman-teman dalam mencari pekerjaan. Jadi sekali lagi Bapak sampaikan selamat untuk juaranya dan semua peserta yang sudah dengan cakap bisa tampil berbahasa inggris di depan juri,” ujarnya.

Selain Salfa, dua mahasiswa  lain yang berhasil menjadi juara pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) yakni Tania Putri Dzahabiyyah dari Fakultas Ilmu Komunikasi yang menduduki Juara II. Kemudian, juara III berhasil diraih oleh Fathiya Rahma Alfajari dari Fakultas Ilmu Komunikasi.