Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Diseminasi Penelitian RisetMu Tahun 2023

Diseminasi Penelitian RisetMu Tahun 2023

Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian & Pengembangan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar serial diskusi Diseminasi Penelitian RisetMu Tahun 2023. Kegiatan dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan siaran langsung melalui YouTube Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang diikuti oleh kurang lebih 153 peserta, pada Senin (27/03/2023).

Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini sebagai bentuk ikhtiar dari Majelis Diktilitbang Muhammadiyah bersama RisetMu untuk mendorong penelitian dilingkungan PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Asiyiyah) dari berbagai latarbelakang rukun ilmu, meningkatkan daya saing bangsa dalam penggunaan teknologi, memenuhi 8 standar nasional melalui penelitian, dan menertibkan hasil penelitian melalui seminar.

Lebih lanjut, Khudzaifah memberikan apresiasi kepada Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah karena telah memberikan solusi pada masalah terkait publikasi dan penelitian melalui acara ini. “Manfaat dari riset adalah meningkatkan mutu kualitas dosen di lingkungan PTMA dengan melakukan riset kolaboratif, sehingga bisa mengangkat penelitian internal ke eksternal,” ucap Khudzaifah.

Diskusi pada saat ini mengangkat tema tentang Al Islam Kemuhammadiyahan sebab materi AIK diberikan oleh PTMA yang ada di Indonesia, namun Khudzaifah menyadari bahwa konsep pengajaran AIK saat ini hanya terpaku pada penggunaan konsep klasikal. “Penelitian ini memberikan gambaran agar pembelajaran AIK lebih bermanfaat, proses belajar tidak harus di kelas namun 80% diluar kelas dengan melakukan elaborasi bersama Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah,” tutup Khudzaifah.

Serial diskusi Diseminasi Penelitian RisetMu Tahun 2023 berlangsung dari 27 Maret – 17 April 2023, dengan mengangkat 9 tema yakni Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Kesehatan, Filantropi dan Solidaritas Sosial, Politik dan Hukum, Agama dan Budaya, Teknologi dan Energi Terbarukan, Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat, serta Perkembangan Teknologi dan Dampak Sosial.

Peserta kegiatan serial diskusi Diseminasi Penelitian RisetMu Tahun 2023, Senin (27/03/2023).

Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari Hibah Riset Muhammadiyah Batch VI yang telah dimulai dari 20 Juli 2022, program ini terbuka untuk seluruh dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah. Hibah RisetMu telah dilakukan sejak tahun 2016/2017 dengan total penerima progam ini mencapai 1592 penelitian dan 5128 peneliti dengan total dana mencapai 17,7 miliar rupiah. (MN/KSU)