Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Di Wisuda UII, Rektor Ingatkan Pentingnya Merawat Selera Humor

Di Wisuda UII, Rektor Ingatkan Pentingnya Merawat Selera Humor

Kabar baik di paruh waktu awal tahun 2023, Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan acara Wisuda Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma Periode IV Tahun Akademik 2022/2023, pada Sabtu (18/03), di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir, Kampus Terpadu UII. Wisudawan yang hadir sebanyak 622 lulusan, dengan rincian 11 ahli madya, 506 sarjana, 99 magister, dan 6 doktor. Hingga saat ini, UII telah menghasilkan lebih dari 110.000 lulusan yang tersebar di dalam negeri hingga mancanegara.

Dalam amanatnya, Prof. Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D. selaku Rektor UII, juga turut melontarkan ucapan selamat atas keberhasilan wisudawan. Lebih lanjut, ia berpesan agar mereka tidak pernah berhenti belajar, dan selalu mengasah serta menambah kecakapan, khususnya dalam menghadapi dinamika lingkungan dan tuntutan yang kian bertambah.

Pesan menarik yang disampaikan Rektor adalah tentang audit humor. Ia memaparkan bahwa selingan humor yang sehat dengan kadar yang tepat akan sangat bermanfaat dalam berinteraksi sosial karena akan menjaga emosi positif dalam diri seseorang. 

Tidak hanya itu, selera humor juga dapat meningkatkan kuasa seseorang, meningkatkan hubungan karena terbentuknya rasa percaya, meningkatkan kreativitas, dan membuat resiliensi seseorang menjadi lebih baik. 

“Kita tidak harus pintar melucu, tetapi cukup punya selera humor: bisa tersenyum ikhlas atau bahkan tertawa lepas ketika ada yang lucu memapar kita,” tuturnya. 

Ia juga mengajak wisudawan untuk bergabung bersama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA UII) tempat mereka berkarier nanti. Hal itu akan membantu untuk mengembangkan jejaring, mendiskusikan kontribusi kolektif, tidak hanya untuk UII, tetapi lebih penting untuk berandil menyelesaikan berbagai masalah riil yang ada di tengah masyarakat.

Dengan paparan tersebut, ia menyimpulkan bahwa besar harapan untuk para wisudawan agar memiliki selera humor sebagai sumber kebahagiaan agar dapat terus terhubung dengan sumber energi positif sebagai upaya memberikan kontribusi terbaik di tengah masyarakat. (AD/ESP)