Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Partisipasi Mahasiswa, KPUM FAI Gelar Seminar dan Sosialisasi

Tingkatkan Partisipasi Mahasiswa, KPUM FAI Gelar Seminar dan Sosialisasi

Sosialisasi Pemilihan Umum di Lingkup FAI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) oleh KPUM FAI UAD (Foto: Rizky Alida)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) akan segera menghadapi Pemilihan Wakil Mahasiswa (Pemilwa) pada tahun 2023. Menanggapi hal ini, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Fakultas Agama Islam (FAI) menyelenggarakan Seminar Nasional Demokrasi dan Sosialisasi Pemilihan Umum di Aula Islamic Center Kampus IV UAD. Dilaksanakan pada 17 Maret 2023, kegiatan ini dihadiri mahasiswa FAI UAD.

Mengangkat tema “Mempersatukan Suara dengan Integritas dan Egaliter”, acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa FAI UAD dalam pesta demokrasi yang ada di lingkungan FAI UAD.

Hadir sebagai narasumber, Musnif Istiqomah selaku Komisioner KPU Kabupaten Bantul untuk memaparkan materi terkait dengan mewujudkan partisipasi aktif mahasiswa dalam Pemilwa. Selain itu, Dr. Arif Rahman, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku Wakil Dekan I FAI Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Akademik, dan Kemahasiswaan juga memaparkan materi terkait tantangan dan catatan demokrasi hari ini.

Partisipasi menjadi tolok ukur dalam suksesnya penyelenggaraan Pemilwa. Musnif menuturkan bahwa ada 4 bentuk partisipasi aktif mahasiswa. “Yang pertama, adanya peserta baik calon presiden mahasiswa, gubernur, maupun ketua-ketua himpunan. Kedua, ada mahasiswa selaku pemilih. Ketiga, ada penyelenggara Pemilwa. Dan yang terakhir, ada pemantau Pemilwa,” tuturnya.

Pesta demokrasi merupakan sebuah kegiatan yang patut dirayakan. “Kegiatan ini sebagai pemantik dari rangkaian pesta demokrasi. Dengan nilai-nilai demokrasi itu, semoga bisa menjadi media untuk menghidupkan nuansa demokrasi di UAD, khususnya di FAI,” jelas Arif.

Selepas seminar nasional, acara dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai pemilihan umum di lingkup fakultas oleh KPUM FAI UAD. Kegiatan ini diinisiasi sebagai bentuk kepedulian KPUM FAI UAD pada mahasiswa guna menciptakan pemilih yang cerdas, rasional, dan berdaulat. (Lid)

uad.ac.id