Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Kolaborasi BEM dan IMM FKM untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Kolaborasi BEM dan IMM FKM untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah di Auditorium A Kampus III Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menyelenggarakan kegiatan sosial yaitu cek kesehatan gratis dan donor darah pada 18 Maret 2023. Kegiatan ini merupakan program kerja kolaborasi dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FKM dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) FKM yang mengangkat tema “Langkah Sederhana untuk Kehidupan yang Lebih Baik”.

Cek kesehatan dan donor darah berlangsung di Auditorium A Kampus III UAD sejak pukul 08.00–12.00 WIB. Jumlah total peserta dalam kegiatan ini adalah sebanyak 33 orang, 16 orang di antaranya dinyatakan lolos donor dan 19 lainnya tidak. Pendonor yang tidak lolos selanjutnya dialihkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

Layanan pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah, lingkar pinggang, lingkar perut, dan konseling dilakukan oleh tim layanan kesehatan IMM FKM. Donor darah diberikan oleh PMI Kotagede, dan pemeriksaan mata disediakan oleh Akur Optik 55 cabang Dukuh.

“Alhamdulillah, kegiatan sosial tahun ini berjalan dengan lancer walaupun jumlah pesertanya tidak banyak. Ke depannya, semoga kegiatan cek kesehatan gratis dan donor darah bisa diselenggarakan kembali sehingga bisa membawa manfaat bagi banyak orang,” terang Kamila, steering committee dari BEM FKM UAD.

Putri selaku Kepala Bidang Sosial Pemberdayaan IMM FKM UAD melanjutkan, “Kegiatan ini merupakan program kerja kolaborasi antara BEM FKM dengan IMM FKM yang rutin dilakukan setiap tahun. Selanjutnya, kami akan membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk bisa berpartisipasi mendonorkan darah, tidak hanya civitas akademika FKM UAD saja,” tandasnya. (ish)

uad.ac.id