Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UNNES Terima 2.223 Mahasiswa Jalur SNBP

UNNES Terima 2.223 Mahasiswa Jalur SNBP


Universitas Negeri Semarang (UNNES) akan menerima 2.223 mahasiswa baru pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Data tersebut berdasarkan pengumuman Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Senin (27/3).

Rektor UNNES Prof Dr S Martono MSi menyampaikan peserta SNBP di UNNES mencapai 20 ribu peserta itu bersaing memperebutkan 2.223 kursi yang disediakan pada jalur prestasi di tahun ini.

“Tahun sebelumnya jumlah pendaftar dan yang diterima membludak. Namun tahun ini pendaftar dan mahasiswa yang diterima UNNES melalui jalur SNBP sedikit berkurang karena memang skema penerimaan yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain itu juga UNNES ingin lebih selektif dalam menerima mahasiswa baru,” jelas Prof Martono.

Selain menerima mahasiswa baru jalur SNBP, UNNES juga membuka penerimaan mahasiswa jalur baru Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri UNNES.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri Mastur SE MSi Akt mengatakan UNNES telah menyiapkan kuota sebanyak 30 persen untuk jalur SNBT2023 dan 50 persen untuk Seleksi Mandiri 2023.

Ia menambahkan, UNNES menyediakan lima jalur pada Seleksi Mandiri tahun ini. Lima jalur itu yakni S1 Jalur Prestasi, S1 Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan, S1 Jalur Kelas Internasional bagi calon mahasiswa dari Indonesia, Jalur Pendidikan Profesi Konselor, dan Jalur Reguler.

“Pendaftaran sudah kita buka mulai bulan Maret hingga bulan Juli mendatang. Untuk informasi lengkap PMB UNNES bisa dilihat di laman https://unnes.ac.id/admission/,” terangnya.