Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UNIB Terima 1062 Mahasiswa Baru Jalur SNBP

UNIB Terima 1062 Mahasiswa Baru Jalur SNBP

TIM Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia telah melakukan proses penetapan hasil seleksi SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) pada 25-26 Maret 2023 dan hasil tersebut telah diumumkan secara luas melalui laman yang telah ditentukan, pada hari ini, Selasa (28/3/2023).

Flayer pengumuman SNBP tahun 2023.(doc hms)

Pada penetapan dan pengumuman hasil SNBP tersebut, dari 143.805 siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri, sebanyak 137 PTN yang terlibat, khusu Universitas Bengkulu (UNIB) menerima sebanyak 1062 orang, dengan rincian diterima Pilihan 1 sebanyak 1.002 orang dan diterima Pilihan 2 sebanyak 60 orang.

“Hasil penetapan tersebut sudah benar dan final. Untuk Universitas Bengkulu, total diterima 1062 orang. Pilihan 1 sebanyak 1002 orang dan diterima Pilihan 2 sebanyak 60 orang,” ujar Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc, sebagaimana tercantum dalam pernyataan tertulis, tanggal 26 Maret 2023.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc. (foto:hms1)

Selanjutnya, Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.Si melalui Wakil Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UNIB Dr. Yarjohan, menjelaskan ke 1062 orang diterima jalur SNBP tersebut tersebar di 49 Program Studi yang ada di delapan fakultas selingkung UNIB dan sebanyak 442 orang ditetapkan sebagai penerima KIP-K (Kartu Indonesia Pintar-Kuliah).

“Secara nasional telah dijelaskan dalam konferensi pers Tim Pelaksana SNPMB kemarin, total siswa yang diterima pada 137 PTN adalah sebanyak 143.805 orang dari 426.243 peserta. Khusus untuk UNIB, telah kita terima hasil finalnya, bahwa total yang diterima pada 49 program studi di delapan fakultas selingkung UNIB adalah sebanyak 1062 orang, dimana 442 orang diantaranya adalah penerima KIP-K,” ujar Dr. Yarjohan kepada Tim Humas UNIB, Selasa (28/3/2023).

Wakil Ketua PPID UNIB Dr. Yarjohan.(foto:hms1)

Untuk teknis pengumumannya tambah Dr. Yarjohan, adalah dengan diakses sendiri secara online oleh peserta pada laman website yang telah ditentukan dan telah diketahui sebelumnya oleh peserta, sehingga tidak ada kendala. Bagi peserta yang masih bingung mengakses pengumuman, dapat melihatnya pada masing-masing universitas dan khusus di UNIB dapat dilihat pada laman www.unib.ac.id.

Bagi siswa yang belum diterima lewat jalur SNBP 2023 masih berpeluang melanjutkan kuliah di UNIB dengan mengikuti jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang telah dibuka pendaftarannya tanggal 23 Maret sampai 14 April 2023. Pendaftaran dapat dilakukan melalui portal SNPMB : https://portal-snpmb.bppp.kemendikbud.go.id.

Kegiatan PKK Mahasiswa Baru tahun 2022 di depan rektorat UNIB dan pencatatan Rektor MURI oleh ribuan mahasiswa baru UNIB tahun 2022.(foto:ist.hms1)

“Jalur SNBT ini bersifat nasional sehingga memungkinkan siswa memilih program studi lintas provinsi, lintas kabupaten/kota seluruh Indonesia di PTN yang terlibat. Kemudian, nanti kita juga akan melaksanakan seleksi melalui jalur mandiri. Jadi, yang belum diterima pada jalur SNBP jangan berputus asa dulu, segera daftar jalur SNBT dan persiapkan diri dengan baik untuk mengikuti tes,” ucap Yarjohan. [Penulis : Purna Herawan. Editor : Nursihati/Humas].