Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

2.444 Peserta lulus SNBP, UNIMED 11 Besar Nasional PTN Penerima Peserta Terbanyak

2.444 Peserta lulus SNBP, UNIMED 11 Besar Nasional PTN Penerima Peserta Terbanyak

Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berbasi Prestasi (SNBPT) Tahun 2023 telah diumumkan secara resmi oleh panitia pusat SNMPB pada hari ini Selasa, 28 Maret 2023, Pukul 15.00 Wib, para siswa yang telah mendaftar SNBP dapat melihat secara langsung pada laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan pada laman mirror https://snbp.unimed.ac.id. Dari Jumlah Pendaftar SNBP Tahun 2023 yang Mendaftar di Unimed sebanyak 25.489, yang dinyatakan lulus tahun ini berjumlah 2.444 orang jumlah ini naik 35% dari jumlah yang dinyatakan lulus pada SNMPTN tahun lalu. Bertambahnya jumlah siswa/calaon mahasiswa yang diterima pada tahun ini, UNIMED mendapatkan peringkat 11 besar nasional 20 PTN Penerima Peserta Terbanyak. Nantinya seluruh siswa yang dinyatakan lulus tersebar dalam 51 Program Studi S1.

Lima Prodi favorit di Unimed jalur SNBP 2023 yang peminatnya tertinggi antara lain (1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2.848 peminat; (2) Manajemen 1.808 peminat; (3) Akuntansi 1.225 peminat; (4) Ilmu Komputer 1.190 peminat; (5) Pendidikan Bimbingan dan Konseling 1.040 peminat

Rektor Unimed Prof. Syamsul Gultom, di kantornya, menyampaikan ucapan selamat kepada orang tua yang anaknya yang telah dinyatakan lulus pada jalur SNBP di Unimed. “Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh calon mahasiswa baru UNIMED Jalur SNBP 2023, kami selaku pimpinan dan seluruh civitas akademika sangat senang dan bangga Bapak/Ibu dan siswa yang lulus telah menjadi bagian dari keluarga besar Unimed, jika nanti sudah mengikuti rangkaian registrasi, daftar ulang dan membayar UKT, maka sudah sah seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan lulus telah menjadi bagian dari warga Unimed,” ujar Rektor.

Lanjutnya Rektor berkata agar orang tua untuk mensyukuri nikmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan putra/putrinya yang telah berhasil lulus jalur SNBP 2023 ke Unimed. “Pengumuman SNBP yang jatuh pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini hendaknya para orang tua dan putra/putrinya yang telah dinyatakan lulus jalur SNBP di UNIMED dapat realisasikan rasa bersyukur dalam wujud nyata yakni kita bersama semakin meningkatkan ibadah dan terus berbuat baik antar sesama. Seperti yang kita ketahui putri/putri Bapak/ibu telah berhasil mengalahkan lawannya kurang lebih sekitar 25 ribu orang yang berebut untuk mendapat kursi di UNIMED. Namun karena keterbatasan kouta, hanya 2.444 orang yang dinyatakan lulus. Untuk itulah mari sekali lagi saya mengajak bapak/ibu untuk bersyukur atas keberhasilan tersebut,” terang Rektor Prof. Syamsul.

“Pada jalur SNBP 2023 ini UNIMED juga masuk dalam daftar 20 besar PTN Penerima Peserta Terbanyak dan berhasil menduduki peringkat 11 nasional. Kenaikan penerima ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami karena ini membuktikan masyarakat masih banyak yang mempercayakan UNIMED untuk mendidik putra/putrinya menjadi lulusan yang profesiona yang mempunyai skill yang dibutuhkan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.,” kata Prof. Syamsul.

Lanjut Prof. Syamsul, berkata bagi siswa yang belum diterima melalui jalur SNBP jangan berkecil hati karena masih mempunyai kesempatan untuk bersaing kembali di jalur UTBK-SNBT dan Seleksi Mandiri. “Percayalah, jika saudara yakin, tetap berusaha, dan serius belajar mempersiapkan diri, mudah-mudahan saudara bisa lulus di PTN tujuan saudara untuk kuliah. Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, segeralah persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk registrasi pada laman https://www.unimed.ac.id. Lihatlah jadwal-jadwal penting untuk melakukan daftar ulang/registrasi, agar tidak terlambat. Sesuai kebijakan panitia pusat SNPMB 2023, bagi siswa yang sudah dinyatakan lulus SNBP, tidak lagi memiliki kesempatan untuk mengikuti UTBK-SNBT. Kuatkanlah komitmen untuk melanjutkan pada Prodi dan PTN yang telah saudara pilih sesuai pengumuman kelulusan. Sekali lagi selamat bergabung di kampus hijau Unimed. Semoga saudara dapat sukses studi dan sukses karir bersama kampus Unimed yang kita banggakan,” ujarnya. (Humas UNIMED/zr)