Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Lulus Seleksi SNBP 2023 di UNNES? Cek Langkah Selanjutnya

Lulus Seleksi SNBP 2023 di UNNES? Cek Langkah Selanjutnya

Mendapatkan kabar lulus jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan hal yang sangat menggembirakan, khususnya para pelajar yang mengikuti jalur seleksi satu ini.

Dengan lulus seleksi jalur ini, artinya kalian akan semakin dekat dengan impian untuk berkuliah di UNNES dan jurusan yang diinginkan sebelumnya.

Nah, bagi peserta yang dinyatakan sebagai calon mahasiswa UNNES jalur SNBP 2023, ada rangakaian kegiatan registrasi yang harus dilakukan.

Pertama, Pengisian Data Pokok, Pengiriman Dokumen Rapor dan Borang A1 Serta Pembayaran Biaya Pendidikan.

Calon mahasiswa wajib mengisi borang isian data diri (data pokok) serta mengunggah/upload dokumen yang dipersyaratkan sebagai dasar penetapan besaran UKT dan seleksi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, sesuai dengan panduan pengisian. Pengisian data pokok dilakukan secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id mulai tanggal 30 Maret s.d. 10 April 2023 pukul 23.59 WIB.

Calon mahasiswa wajib mengirimkan borang A1 yang diunduh dari laman http://datapokok.unnes.ac.id, melalui jasa pengiriman dokumen ke alamat yang tertera di dokumen tersebut (sesuai fakultas masing-masing) paling lambat tanggal 12 April 2023 (cap pos).

Calon mahasiswa wajib mengirimkan dokumen fotokopi rapor yang telah dilegalisasi melalui jasa pengiriman dokumen paling lambat tanggal 12 April 2023 (cap pos), ke Bagian Akademik Universitas Negeri Semarang, Gedung Rektorat Lantai 1 Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang Jawa Tengah Kode Pos 50229.

Calon mahasiswa (kecuali Mahasiswa Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah) membayar biaya pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan sama untuk setiap semester. Besar biaya pendidikan yang harus dibayar setiap calon mahasiswa diumumkan bersamaan dengan pengumuman Mahasiswa Penerima KIP Kuliah pada tanggal 19 April 2023 di laman http://datapokok.unnes.ac.id.

Kedua, Registrasi Daring dan Verifikasi Registrasi.

Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 20 April s.d 2 Mei 2023, melalui Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Inqdonesia (BNI 46), Bank Mandiri, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di seluruh Indonesia. Pembayaran dilakukan dengan menggunakan nomor Virtual Account (VA) yang diperoleh dengan cara masuk ke dalam http://datapokok.unnes.ac.id melalui menu Registrasi -> Pembayaran UKT.

Calon mahasiswa wajib melaksanakan dan menyelesaikan tahapan registrasi secara daring melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id, mulai tanggal 20 April s.d. 3 Mei 2023 dan mencetak formulir registrasi yang dipersyaratkan.

Dalam kegiatan Verifikasi Registrasi secara daring, calon mahasiswa wajib mengunggah hasil pindai/scan berkas dalam bentuk JPEG/JPG (maksimal 1 MB)yang meliputi:

  1. Bukti setor lunas pembayaran biaya pendidikan asli;
  2. Kartu peserta SNBP 2023;
  3. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) tahun 2023 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah;
    Surat keterangan kewarganegaraan bagi Warga Negara Asing (WNA).
  4. Formulir Registrasi (R1) yang sudah ditandatangani;
  5. Surat Pernyataan menaati peraturan (R2) di UNNES dan Pakta Integritas Universitas Negeri Semarang (R3) yang sudah ditandatangani;
  6. Khusus bagi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah wajib melampirkan Surat Pernyataan Peserta Penerima KIP Kuliah (R5) yang sudah ditandatangani.

Mencetak bukti registrasi daring (R4) melalui laman http://datapokok.unnes.ac.id

Kuliah semester gasal 2023/2024 dimulai pada tanggal 21 Agustus 2023.

Ketiga, tes kesehatan.

Calon mahasiswa baru wajib melaksanakan tes kesehatan dari tim kesehatan UNNES yang akan dilaksanakan mulai tanggal 24 s.d. 28 Juli 2023 pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB (jadwal/sesi tes kesehatan dapat dilihat pada laman http://datapokok.unnes.ac.id)

Calon mahasiswa wajib memiliki Kartu KIS-JKN (BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas)dan menunjuk KLINIK (Pusat Layanan Kesehatan/Puslakes) UNNES sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Pemindahan FKTP dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi JKN Mobile atau pada saat tes kesehatan di Puslakes UNNES.

Calon mahasiswa wajib melakukan tes kesehatan di UNNES, pembayaran bisa dilakukan di Bank (BTN, dan BNI seluruh Indonesia) mulai tanggal 18 s.d. 24 Juli 2023 sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) dengan kode pembayaran yang dapat di peroleh pada laman http://datapokok.unnes.ac.id atau membayar langsung ke loket bank di tempat tes kesehatan pada saat pelaksanaan tes kesehatan;

Bukti setor pembayaran tes kesehatan dibawa saat tes kesehatan di Puslakes UNNES. Pelaksanaan tes kesehatan tetap mengikuti prosedur kesehatan yang berlaku.

Nah, itulah langkahh-langkah yang perlu kalian lakukan setelah lulus seleksi di UNNES jalur SNBP 2023.