Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Undip Kembali Menyelenggarakan Sholat Tarawih Bersama di Bulan Ramadhan

Undip Kembali Menyelenggarakan Sholat Tarawih Bersama di Bulan Ramadhan

Menjalani puasa di bulan suci Ramadhan Tahun 1444 H, Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan Sholat Tarawih Bersama dan Ceramah Ramadhan bagi civitas academica dan keluarga besar Undip. Sholat Tarawih Bersama kembali rutin dilaksanakan usai pandemi. Sholat Tarawih Bersama pada Selasa, 28 Maret 2023 di Aula FPIK Undip merupakan hari kedua rangkaian Tarawih Keliling (Tarling) yang kembali dilaksanakan di tahun ini. Shohibul bait pelaksanaan Tarawih Bersama hari kedua Tarawih Keliling (Tarling) adalah Wakil Rektor 4 dan Dekan FPIK (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) Undip. Sholat Tarawih Bersama dihadiri oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. beserta Ketua DWP Undip Asih Budiastuti, S.H., C.N., Wakil Rektor 1 Undip, Wakil Rektor 4 Undip, Dekan Fakultas, jajaran pimpinan Undip, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Undip.

Acara diawali dengan sholat Isya dilanjutkan dengan sholat tarawih dan witir dipimpin oleh Dr. Fakhruddin Aziz, Lc, MA sebagai imam. Wakil Rektor 4 Undip, Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. selaku shohibul bait menyampaikan sambutan singkatnya. “Mari bersama mendengarkan ceramah yang akan disampaikan. Semoga mendapat berkah dari Allah SWT dan kita menjadi fitri kembali,” pesan Prof. Ambar.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. mengucapkan terima kasih kepada shohibul bait yang telah menyelenggarakan acara tarawih bersama. Prof. Yos mengajak para hadirin untuk bersama-sama berdoa dan berprestasi untuk Undip yang lebih baik lagi. “Mari bergotong royong, saling membantu dan peduli, salah satu wujud nyata adalah dengan pembagian makanan sehat untuk mahasiswa. Selama bulan puasa ini makanan dibagikan di sore hari untuk buka puasa .Mudah-mudahan kita semua sehat dan mampu berpuasa sampai akhir, mendapat fadhilah dan dipertemukan dengan Ramadhan selanjutnya, amin,” tutur Rektor Undip.

Imam Dr. Fakhruddin Aziz, Lc, MA menyampaikan ceramah berjudul “Budaya Islam dan Kemajuan Teknologi”. Beliau menceritakan bahwa sejak zaman dahulu, Islam selain sebagai agama tauhid juga mengajarkan umatnya untuk selalu belajar. Dalam Islam termuat berbagai disiplin ilmu yang menjadi sumber ilmu luar biasa. “Kebahagiaan yang sesungguhnya mencakup tiga hal yakni spiritual, tidak ada kesenjangan ekonomi, serta ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Dr. Fakhruddin Aziz, Lc, MA juga berpesan, “Ilmu pengetahuan adalah jalan membuka ilmu agama yang menghantarkan kualitas terbaik atas relasi kita dengan Allah SWT. Takut kepada Allah adalah awal dari ilmu pengetahuan, maka dari itu harus kita amalkan.”

Demikian acara shalat tarawih bersama yang diharapkan dapat meningkatkan iman, ilmu agama Islam dan kesehatan bagi keluarga besar Universitas Diponegoro. (Titis – Public Relations Ed.Ut)