Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Pembukaan SMABA Gallery 2023

Pembukaan SMABA Gallery 2023

Selamat datang di website SMA Negeri 1 Batu!

Kami dengan bangga mengumumkan bahwa SMA Negeri 1 Batu akan mengadakan Pameran Seni Rupa SMABA 44 dengan judul “Shadow Art Exhibition: Story of The Light”. Pameran ini akan diadakan pada Rabu, 15 Maret 2023 di Lippo Plaza Batu, Kota Batu.

Dalam acara pembukaan ini diresmikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Batu yaitu ibu Ritul Idha Djarwati S.Pd. M.Pd., didampingi oleh Ketua MKKS Negeri Kota Batu yaitu Anto Dwi Cahyono, S.Pd, MM., dan para Wakil Kepala SMA Negeri 1 Batu, yaitu bapak Deddy Iskandar S.Sn., bapak Drs. Sugiardi, M.M., ibu Umi Solikah S.Pd., dan bapak Pa’i, S.Pd. 

Pameran Seni Rupa kali ini mengangkat tema “The Story of Light” yang memiliki makna “Kisah Cahaya”.

Dalam pameran ini, akan menampilkan berbagai Shadow Art yang sudah dihasilkan selama satu semester terakhir oleh siswa-siswi kelas XI angkatan 44 SMA Negeri 1 Batu. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan ekspresinya melalui karya yang telah dibuat kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam pameran

Kami mengundang seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Batu, orang tua siswa, tenaga kependidikan, serta masyarakat umum untuk hadir dalam kegiatan SMABA Gallery. Selain itu kami akan memberikan workshop kepada siswa-siswi SMP se-Kota Batu.

Hari Pembukaan Pameran

Pada hari pembukaan, dibuka oleh MC dengan membacakan susunan acara yang akan dijalankan.

Tampilan pertama dibuka oleh SPY Dance, tampilan mereka sangat ditunggu-tunggu karena mereka selalu menampilkan dance terbaru dan kreasi dari mereka.

Tampilan selanjutnya Solois dari kelas X-1 yaitu Alifa Reviana Aulia, penampilan ini juga ditunggu oleh pengunjung, karena suaranya yang sangat merdu.

Penampilan live music oleh perwakilan kelas XI BDB yaitu Zefanya Putra Suminto.

Dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Pondok Seni Kota Batu yaitu bapak Watoni.

Selanjutnya sambutan oleh perwakilan Guru Seni Rupa yaitu bapak Deddy Iskandar S.Sn., dan ketua pelaksana kegiatan yaitu Ayman Adz Dzahiry.

Selanjutnya adalah sambutan oleh ibu Kepala Sekolah yaitu ibu Ritul Idha Djarwati, S.Pd., M.Pd., beliau sangat bangga akan adanya acara ini, karena acara ini dibuat oleh siswa-siswi SMAN 1 Batu dan dipersembahkan kepada SMAN 1 Batu. 

Setelah acara sambutan, solois, live music dan dance, pengunjung diarahkan ke tempat pameran untuk melihat pemotongan pita sebagai simbolis pembukaan pameran ini.

Pemberian informasi kepada pengunjung di setiap stand hasil karya seni rupa dan dijelaskan oleh perwakilan kelompok.

Hari Kedua Pameran

Pada hari kedua pameran SMABA Gallery, kami memberikan sebuah workshop sekaligus lomba yang bertema “Recycle”. Disini kami memakai koran yang sudah tidak dipakai dan dari koran ini akan dijadikan sebuah karya seni rupa 3D.

Peserta workshop dan lomba memperhatikan pemateri dalam memberikan materi terkait “Recycle”

Peserta memulai membuat karya seni dengan kreatifitas mereka.

Setelah pembuatan karya, karya seni mereka diulas oleh juri yang juga Guru Seni Rupa SMA Negeri 1 Batu yaitu bapak Pinten Setyowibowo, S.Pd.

Salah satu peserta menjelaskan karya kepada juri dan memberi tanggapan atas pertanyaan yang ditanyakan oleh juri.

Pemberian hadiah kepada pemenang lomba “Recycle”. Penilaian ini berdasarkan kreatifitas mereka.

Dilain sisi, pada tempat pameran siswa-siswi SMP lainnya menyaksikan karya seni yang telah disediakan. Dalam kegiatan ini kami bekerja sama dengan tim Lippo Plaza Batu untuk penjelasan karya kepada siswa-siswi SMP.