Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Pengurus Masjid Ash-Shahabah dan Tim Falakiyah UIN SUTHA Jambi Ukur Arah Kiblat Musholla Gedung Kuliah

Pengurus Masjid Ash-Shahabah dan Tim Falakiyah UIN SUTHA Jambi Ukur Arah Kiblat Musholla Gedung Kuliah

HUMAS UIN SUTHA – Sebagai upaya meningkatkan keimanan serta sempurnanya ibadah dibulan suci Ramadhan 1444 H/2023, pengurus Masjid Ash-Shahabah bersama Tim Falakiyah Fakultas Syariah UIN SUTHA Jambi lakukan pengukuran arah kiblat musholla di Gedung Kuliah Terpadu (GCR) UIN SUTHA Jambi (30/03/2023).

 

Ketua Pengurus Masjid Ash-Shahabah UIN SUTHA, Abdul Rahman, S.Pd.,M.Pd.I mengatakan bahwa setelah kita menyiapkan musholla di gedung perkuliahan seminggu sebelum ramadhan kemarin, kita hari ini melakukan pemasangan petunjuk arah kiblat agar mahasiswa tetap bisa khusu’ beribadah di bulan ramadhan meskipun harus tetap melaksanakan perkuliahan. Dengan fasilitas yang lengkap dan air yang lancar tentu tidak ada alasan bagi mahasiswa tidak bisa sholat ketika berkuliah.

 

 

Ketua pengurus Masjid Ash-Shahabah UIN SUTHA juga menghimbau kepada mahasiswa agar meluangkan waktu untuk sholat berjamaah di masjid kampus agar mendapatkan nilai pahala yang mudah-mudahan lebih besar di bulan ramadhan ini, namun jika terdesak diantara pergantian waktu jam kuliah maka silahkan gunakan musholla yang ada di setiap lantai gedung kuliah terpadu.

Posisi musholla berada disetiap lantai, namun ada pemisahan antara mahasiswa dan mahasiswi sebagai upaya agar menjaga ketertiban didalam gedung kuliah. Musholla bagi mahasiswa (Pria) berada dilantai genap sementara Musholla bagi mahasiswi (Wanita) berada dilantai ganjil, ucap Rahman.

Ketua Tim Falakiyah UIN SUTHA Jambi, Tasnim Rahman Fitra, M.H menyampaikan bahwa pengukuran arah kiblat ini memang sudah seharusnya dilakukan. Karena jika kita hanya mengandalkan arah kiblat yang ditunjukkan oleh kompas ataupun aplikasi di android, dalam beberapa kasus sering kali bergeser dan tidak sesuai dengan yang seharusnya.

 

 

Pada proses pengukuran kiblat ini kita lakukan dengan metode bayangan matahari dengan menggunakan alat yang bernama Istiwa’ Aini. Maka didapatkanlah titik arah kiblat gedung kuliah terpadu ini diukur pada 29 Maret 2023 pukul 13.44 WIB dengan titik koordinat 103,508 BT dan -1,6057 LS maka didapatkanlah titik berikut Azimut Kiblat: 294,29 ̊  Arah Matahari: 281,85 ̊  Selisih Azimut: 12 ̊  26’24”  sebagai panduan arah kiblat yang kemudian kita pasangkan petunjuknya agar mahasiswa ataupun jamaah musholla tidak lagi keliru dan salah, ucap Ketua Tim Falakiyah yang juga merupakan Sekretaris Prodi Perbandingan Mazhab ini.