Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

BIPA Unpad, Fasilitas Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

BIPA Unpad, Fasilitas Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Laporan oleh Anggi Kusuma Putri

[Kanal Media Unpad] Untuk memberikan kemudahan bagi penutur asing belajar bahasa Indonesia, Universitas Padjadjaran memiliki program “Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing” atau BIPA yang berada di bawah Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

Ketua Pelaksana BIPA Unpad Dr. M. Irfan Hidayatullah, M. Hum., mengatakan bahwa BIPA menjadi sangat penting karena kedatangan orang asing ke Indonesia dengan berbagai keperluan, baik untuk kepentingan pendidikan maupun pekerjaan. Oleh karena itu, Unpad menyediakan fasilitas pembelajaran bagi orang asing yang ingin mempelajari bahasa Indonesia melalui BIPA Unpad.

“Salah satu BIPA yang diperhitungkan adalah BIPA Unpad,” ujar Irfan dalam siniar di Kanal Fakultas Ilmu Budaya Unpad beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Irfan mengatakan, BIPA Unpad menyediakan berbagai program kelas yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pesertanya, seperti program reguler, program reguler yang bekerja sama dengan universitas. program privat, dan program bahasa Indonesia untuk kepentingan khusus.

Selanjutnya, Irfan menjelaskan bahwa program reguler BIPA Unpad dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan semester yang ada di Unpad. Program ini diawali dengan ujian penempatan kelas atau placement test untuk menentukan tingkat kelas yang akan diikuti oleh siswa.

“Ada tiga level, (yaitu) ada level dasar, menengah, dan mahir,” jelas Irfan.

Tidak hanya itu, saat ini BIPA Unpad berencana untuk menyediakan semua jenis pembelajaran, baik secara daring maupun luring. Hal ini dilakukan karena antusias orang asing untuk mempelajari bahasa Indonesia.

“Semua jenis pembelajaran akan kita akomodasi,” ungkap Irfan.

Irfan juga menyampaikan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh BIPA Unpad jika dibandingkan dengan lembaga-lembaga sejenis. BIPA Unpad menyelenggarakan pembelajaran per satu kali pertemuan dengan durasi tiga jam pembelajaran.

Selain itu, materi yang disampaikan membahas masalah-masalah kontekstual mengikuti isu-isu yang sedang terjadi. BIPA Unpad juga sudah berdiri dalam waktu yang cukup lama, sehingga memiliki pengajar yang kompeten dan berpengalaman dalam pengajaran BIPA. (art)*