Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MAN 2 Sleman Gelar Rapat Persiapan Pesantren Ramadan 1444 H

MAN 2 Sleman Gelar Rapat Persiapan Pesantren Ramadan 1444 H

Sleman (MAN 2 Sleman)- Momentum bulan suci ramadan menjadikan bulan yang penuh keberkahan bagi setiap umat muslim. Pada bulan ramadan, MAN 2 Sleman memiliki program tahunan yaitu pesantren ramadan 1444 H. Dalam rangka mempersiapkan agenda pesantren ramadan, MAN 2 Sleman menggelar rapat persiapan pada hari Rabu (29/03/2023) di Aula MAN 2 Sleman. Hadir dalam rapat Kepala MAN 2 Sleman H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., Kepala Tata Usaha Sri Wulandari, S.E., M.M., Wakamad Madrasah, Koordinator Keagamaan dan Bendahara Komite.

Rapat dipimpin oleh Koordinator Keagamaan Muhammad Badrudin, S.Ag. Badrudin menyampaikan rapat ini kita laksanakan guna menyusun rencana strategis berkaitan dengan materi dan kegiatan selama pesantren ramadan, khususnya bagi siswa kelas X dan XI.

Dalam arahannya Kepala MAN 2 Sleman menyampaikan, harapannya kegiatan pesantren ramadan  tahun ini dapat membekali siswa dengan teori dan praktik langsung. “Kegiatan pesantren ini diharapkan dapat membekali siswa dengan teori dan praktik tentang bagaimana membaca Alqur'an dengan baik dan benar, berkaitan dengan fiqih dasar khususnya Thararah dan Shalat karena mengingat bahwa tidak sedikit para siswa masih belum melakukan wudhu dan shalat dengan baik dan benar serta membekali siswa menjadi siswa-siswi berakhakul karimah,” tuturnya.

Dari hasil rapat didapatkan beberapa keputusan antara lain kegiatan pesantren ramadan dilaksanakan pada hari Jumat (14/04/2023) di Masjid Baitul muta'allimin  dan Aula MAN 2 Sleman. Materi yang diprogramkan yaitu Etika Pergaulan Remaja, Fiqih Ibadah Praktis, meliputi Fiqih Thoharah dan Fiqih Shalat, Tahsin Al-Qur'an, dengan kegiatan salat dhuha dan tadarus Al-Qur'an serta diakhiri dengan Tabligh Akbar dan buka bersama dengan menghadirkan penceramah Al Habib Umar Zakky bin Abu Bakar Assegaf. (Qoma)