Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Opini: Mengenal Lebih Dekat Ilmu Akuntansi

Opini: Mengenal Lebih Dekat Ilmu Akuntansi

Tri Darma Rosmala Sari, S.E., M.S.Ak. adalah anggota Kelompok Riset Akuntansi Keuangan Universitas Teknokrat Indonesia 

Akuntansi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana kondisi keuangan suatu perusahaan atau perusahaan dapat dijadikan sebagai basis data keputusan yang digunakan oleh pihak internal maupun eksternal dalam perusahaan.

Para pelaku bisnis dapat mengambil keputusan terkait dengan penilaian terhadap kinerja bisnisnya dalam jangka waktu tertentu, apakah bisnis tersebut menguntungkan atau mengeluarkan biaya, dengan melihat informasi akuntansi berupa laporan keuangan. terlalu banyak atau tidak.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengetahui apakah perusahaan sedang mencari sumber pembiayaan melalui modal hutang.

Baca juga: Opini: Sentimen Analisis Masyarakat Terhadap Pemilu Serentak 2024 di Twitter

Kegunaan Informasi Akuntansi

Pada saat yang sama, informasi akuntansi dapat digunakan oleh pihak eksternal sebagai sarana pengambilan keputusan bisnis.

Bagi investor, informasi akuntansi dapat digunakan sebagai dasar untuk berinvestasi. Bagi kreditur, informasi akuntansi dapat menjadi dasar pemberian pinjaman atau utang. Bagi pemerintah, informasi akuntansi dapat digunakan sebagai dasar pemungutan pajak, bagi masyarakat.

Informasi yang diterima adalah informasi keuangan berupa laporan keuangan atas status keuangan perusahaan, yang dapat memberikan informasi mengenai prospek perusahaan dimasa yang akan datang.

Data akuntansi ini dapat digunakan oleh para pengusaha atau pedagang, mulai dari UKM, bahkan perusahaan publik atau perusahaan tercatat wajib melaporkan setiap tahunnya sebagai dasar pertanggungjawaban emiten.

Rumus untuk persamaan akuntansi

Umumnya terdapat empat jenis informasi keuangan yang digunakan, yaitu laporan laba rugi, laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Khusus untuk emiten, laporan keuangan ini selalu dipublikasikan dengan istilah annual report.

Bagi yang baru mengenal pelaporan keuangan, mulailah dengan memahami siklus akuntansi yaitu menganalisis bukti-bukti transaksi, mencatat bukti-bukti tersebut dalam jurnal dan buku, melakukan penyesuaian dan menyusun laporan keuangan.

Selain itu, terdapat prinsip-prinsip akuntansi yang harus diikuti dalam penyusunan laporan keuangan yang sering disebut dengan GAAP. Prinsip perhitungan ini harus selalu diperhatikan dalam penyusunan laporan keuangan tahunan.

Hal pertama yang perlu kita pahami sebelum membuat jurnal atau catatan akuntansi adalah memahami istilah persamaan akuntansi. Persamaan akuntansi adalah persamaan yang menjelaskan sumber kekayaan suatu perusahaan dan dari mana asal kekayaan perusahaan tersebut. Persamaan keseimbangan biasanya ditulis sebagai persamaan;

Aset = Kewajiban Modal

Aset perusahaan terdiri dari aset lancar dan tidak lancar

Stok kas, piutang, persediaan, persediaan, peralatan

Aset tetap terdiri dari tanah, gedung, bangunan

Modal pinjaman terdiri dari pinjaman jangka pendek dan jangka panjang

Modal bisa berasal dari saham atau modal saham

Memahami persamaan akuntansi sangat berguna sebagai dasar untuk memasukkan jurnal atau catatan akuntansi pertama Anda.