Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

UNNES Raih Peringkat Kedua pada Penghargaan Penyelenggaraan SAKIP Terbaik Tahun 2022 dari Mendikbudristek

UNNES Raih Peringkat Kedua pada Penghargaan Penyelenggaraan SAKIP Terbaik Tahun 2022 dari Mendikbudristek

Universitas Negeri Semarang (UNNES) meraih penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim BA MBA atas Kinerja Anggaran,Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik 2022.

Dalam penganugerahan tersebut, UNNES berhasil mendapatkan peringkat terbaik kedua atas penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2022 kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan perolehan nilai 88,15 persen.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Rektor UNNES Prof Dr S Martono MSi dari Dirjen Anggaran, Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata yang disaksikan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dan Sekjen Kemendikbudristek Suharti, Kamis (30/3) di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta.

Dalam sambutannya, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim BA MBA mengatakan komitmen seluruh unit dan satuan kerja di Kemendikbudristek untuk melakukan transformasi telah melahirkan sejumlah capaian yang membanggakan. Hal itu tidak lepas dan peran dan komitmen seluruh unit dan satuan kerja salah satunya perguruan tinggi termasuk UNNES.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya komitmen dan kinerja Bapak dan Ibu di semua unit dan satuan kerja telah memastikan program merdeka belajar sesuai dengan prinsip good governance. Berbagai hasil, inovasi dan terobosan selama ini sesungguhnya hasil perjuangan Ibu dan Bapak semua,” ucap Mas Menteri.

Mas Menteri menjelaskan, penilaian kinerja anggaran pada unit kerja dan satuan kerja itu dimaksudkan untuk mengukur aspek implementasi maupun aspek manfaat atas pelaksanaan anggaran dengan indikator kualitas proses pelaksanaan dan kualitas hasil pelaksanaan.

“Tujuannya, untuk memberikan apresiasi kepada unit kerja dan satuan kerja yang telah berupaya dengan sungguh-sungguh memastikan efektivitas pelaksanaan anggaran yang berdampak positif pada kinerja organisasi,” jelasnya.

Rektor UNNES Prof Dr S Martono MSi merasa bersyukur atas terpilihnya UNNES meriah peringkat kedua penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2022 kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia.

“Kami bersyukur ini merupakan prestasi yang luar biasa. Alhamdulillah dari tahun ke tahun UNNES selalu mendapatkan peringkat atas Kinerja dan Keterbukaan Informasi Publik. Ini semua berkat kerja keras sivitas akademika UNNES. UNNES memiliki sistem keuangan yang berbasis IT ini tentu sangat menjaga kualitas pelaksanaan anggaran, sangat membantu dalam optimalisasi kinerja serta monitoring dan evaluasi berkelanjutan dengan mengutamakan pencapaian indikator kinerja utama,” ucap Prof Martono.

Sebelumnya, pada tahun 2018 UNNES meraih peringkat pertama kategori satuan kerja terbaik, pada tahun 2020 UNNES meraih peringkat terbaik pertama nilai kinerja anggaran tahun anggaran 2020.

Tak hanya itu, tahun 2021 UNNES menempati peringkat terbaik pertama atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan terbaik ketiga Kinerja Anggaran.