Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Dari Telur Utuh Gagal Tetas, Mahasiswa UNJA Ciptakan Tepung Telur sebagai Pakan Ternak

Dari Telur Utuh Gagal Tetas, Mahasiswa UNJA Ciptakan Tepung Telur sebagai Pakan Ternak

JAMBI,­- Bayu Adi Prastiyo, mahasiswa Prodi Peternakan Fapet Universitas Jambi (UNJA) angkatan 2019 menciptakan karya ilmiah berbentuk makalah dengan berjudul “Kualitas Fisik Tepung Telur Utuh Gagal Tetas dengan Penambahan Ragi Roti”. Makalah tersebut merupakan hasil penelitian Bayu bersama 2 dosen pembimbingnya yaitu Metha Monica, S.Pi, M.P. dan Dr. Olfa Mega, S.Pt., M.Si.

Penelitian yang dilakukan Bayu bertujuan untuk mempelajari kualitas fisik tepung telur utuh gagal tetas yang telah ditambahkan ragi roti (saccharomyces cereviceae) dengan konsentrasi berbeda. Dilakukan di Laboratorium Fakultas Peternakan Universitas Jambi, dari tanggal 10 Agustus 2022 sampai 10 September 2022 menggunakan 100 butir telur gagal tetas.

Tepung telur tersebut bermanfaat sebagai pakan ternak untuk ikan dan ayam. Bayu menjelaskan proses penelitian tepung telur yang dilakukannya.

“Tepung telur utuh gagal tetas merupakan salah satu bentuk pengawetan telur melalui proses pengeringan dan penepungan. Namun pada proses ini sering terjadi masalah karena terjadinya perubahan fisik karena timbulnya reaksi Maillard atau reaksi pencoklatan yang mengakibatkan warna tepung telur menjadi lebih gelap dan tidak mudah larut. Untuk meminimalisir reaksi Maillard, dilakukan proses desugarisasi dengan ragi roti,” tutur Bayu.

Dari penelitian yang diolah menjadi makalah karya ilmiah tersebut, Bayu meraih prestasi dengan menjadi Pemakalah Terbaik 2 Bidang Penelitian dalam Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Brawijaya pada November 2022.

Metha Monica, S.Pi, M.P. selaku dosen pembimbing menjelaskan pemanfaatan telur gagal tetas.

“Pemanfaatan telur gagal tetas yang diperoleh dari pabrik penetasan telur ayam broiler selama ini belum pernah dibuat sebagai tepung telur, dimana tepung telurnya nanti bisa dibuat sebagai pakan ternak/ikan dengan katanya telur gagal tetas masih bisa digunakan atau jangan dibuang,” ujar beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS