Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa PG-PAUD UNJA Juara 3 Nasional Pembuatan Alat Permainan Edukatif

Mahasiswa PG-PAUD UNJA Juara 3 Nasional Pembuatan Alat Permainan Edukatif

JAMBI,- Wulan Tania Sari, mahasiswi Pendidikan Guru – Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) menciptakan Alat Permainan Edukatif (APE) dan mengantarkannya meraih Juara 3 dalam kegiatan Lomba Membuat APE se-LPTK Indonesia Tingkat Nasional. Lomba tersebut dilaksanakan secara daring dan merupakan program kerja sama PG-PAUD FIP Universitas Negeri Gorontalo dan PG-PAUD IKIP Siliwangi pada 23 Maret 2023.

Tania membuat APE berbentuk media kotak yang disebut dengan Magic Box, ia menjelaskan bahwa APE yang dirancangnya untuk digunakan kepada anak-anak usia dini agar dapat bermain dan belajar sehingga terjadi peningkatan aspek-aspek perkembangan pada anak.

“APE merupakan alat permainan yang dirancang dan digunakan untuk anak-anak usia dini agar dapat bermain dan belajar, sehingga terjadi peningkatan aspek-aspek perkembangan pada anak. APE ini merupakan media yang harus dibuat oleh setiap guru untuk memudahkan penyampaian materi, khususnya untuk anak usia dini,” ujarnya.

“Motivasi saya membuat ini karena Ingin mengekspresikan kreativitas sebagai calon guru PAUD melalui cipta alat permainan edukatif,” jelas Tania.

Kaprodi PG-PAUD FKIP UNJA, Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si., menyampaikan selamat terhadap prestasi yang diraih salah satu mahasiswanya. Beliau berharap prestasi Tania bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya.

“Saya selaku Ketua Prodi S1 PG-PAUD FKIP Universitas Jambi, mengucapkan selamat kepada Wulan Tania Sari mahasiswa Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Jambi yang sudah mengukir prestasi di tahun 2023 meraih Juara 3 dalam kegiatan lomba membuat APE se-LPTK Indonesia. Prestasi Mahasiswa ini akan memberikan motivasi kepada mahasiswa lainnya untuk mengukir prestasi yang lebih baik ke depannya, dan kami dari Jurusan PAUDDAS dan Prodi akan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi sebagai motivasi untuk lebih berprestasi lagi ke depannya.  Pesan Saya, teruslah mengukir restasi selagi muda untuk tetap semangat menjadi mahasiswa hebat,” tutur Dr. Hendra.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS