Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Pekerja Sosial Harus Pahami Kultur Masyarakat

Pekerja Sosial Harus Pahami Kultur Masyarakat

Isu keragaman penting untuk ketahui dan pelajari mahasiswa Kesejahteraan Sosial, karena menjadi pekerja sosial harus memahami kultur yang ada di negara Indonesia. Materi tersebut disampaikan oleh Makmur Sanusi, PhD pada Seminar Nasional dalam rangka memperingati Hari Pekerja Sosial Sedunia Tahun 2023.

Seminar Nasional bertajuk Keberagamaan Dalam Perspektif Isu Kesejahteraan Sosial dan Praktek Pekerjaan Sosial dilaksanakan digelar oleh Program Studi (Prodi) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di ruangan Moeljadi Djojmartono FISIP UMJ (30/03/2023).

Dekan FISIP UMJ Dr. Evi Satispi, M.Si mengatakan bahwa lulusan Kesos FISIP UMJ harus menjadi pekerja sosial yang memiliki kemampuan bekerja di bawah tekanan, ketahanan emosional, empati dan sikap tidak menghakimi. “Profesi pekerja sosial itu harus diperhatikan sebab jika tidak, bencana di Indonesia tidak tertangani dengan baik,” ucap Evi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Prodi Kesos FISIP UMJ Muhammad Sahrul, S.sos.,M.Si memberikan pengantar bahwa Seminar Nasional yang di laksanakan saat ini merupakan rangkaian untuk memperingati Hari Pekerja Sosial Sedunia yang dimulai dengan perlombaan Essay dan Videography. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan sudut pandang baru tentang keberagaman untuk para pekerja sosial terkhusus mahasiswa Kesos FISIP UMJ,” kata Sahrul.

Seminar Nasional ini menghadirkan 3 pembicara yang merupakan dosen dan alumni Kesos FISIP UMJ yakni Drs. Achmadi Jayaputra, M.Si (Peneliti Pusat Riset Kesejahteraan Sosial Desa dan Konektivitas BRIN), Makmur Sanusi, PhD (Dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UMJ), dan Dr. Sander Dicky Z. M.Psi (Analis Pengawasan dan Hubungan Kelembagaan Perlindungan Anak KPAI/Alumni Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UMJ). Seminar ini diikuti oleh peserta secara luring dan daring dengan total 180 orang.

seminar kesos FISIP UMJ2
Dr. Sander Dicky Z. M.Psi saat menyampaikan materi, Kamis (30/03/2023).

Achmadi Jayaputra mengatakan kesejahteraan sosial merupakan tangga menuju tatanan hidup yang bahagia, sehingga hal tersebut harus terpenuhi agar masyarakat merasakan kesejahteraan. Adapun materi yang disampaikan oleh Achmadi terkait kebijakan dan isu kesejahteraan sosial, cara menghadapi keberagaman, makna pekerjaan sosial, relawan sosial, dan kelompok peduli, serta spesialisasi terkait antropologi, sosiologi dan kesejahteraan sosial.

Selain itu, Makmur Sanusi mengatakan bahwa pekerja sosial dapat berkontribusi dibanyak isu berbeda sehingga memiliki dampak signifikan pada individu, keluarga, dan masyarakat. “Saya kira menjadi pekerja sosial adalah pekerjaan mulia untuk berdampak pada masyarakat secara langsung,” jelas Makmur.

Dalam kesempatan yang sama Sander Dicky Z menjelaskan bahwa pekerja sosial yang sebenarnya adalah sosok pekerja yang mampu menjadi mediator yang unggul dalam persoalan yang ada di tengah masyarakat, karena pekerja sosial menjadi lini penting dalam kehidupan saat ini. (WM/MN/KSU)

Editor : Budiman