Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Riuh Gaung Al-Qur’an di Asrama UMJ

Riuh Gaung Al-Qur’an di Asrama UMJ

Asrama Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar Dauroh Al-Qur’an dengan mengusung tema Semarak Ramadan Dengan Riuh Gaung Al-Qur’an, acara akan berlangsung selama empat hari Jum’at-Ahad (31 Maret -02 April 2023) bertempat di Villa Green Park yang diikuti 22 mahasiswa UMJ putra dan putri. Dauroh Al-Qur’an dilaksanakan bertujuan untuk melahirkan pembimbing (Musyrif dan Musyrifan) untuk membimbing mahasiswa di Asrama UMJ.

Pembina Asrama Nurlaela Yusuf, S.Ag., M.Ag. mengatakan tujuan diadakannya Dauroh Al-Qur’an ini untuk memberikan ilmu kepada calon Musyrif dan Musyrifan yang nantinya akan ditugaskan untuk membimbing, membina, mengayomi, hingga mengarahkan mahasiswa yang tinggal di asrama UMJ.

Selain itu, Laela juga mengatakan penggunaan metode ATABA (Aku Tartil Baca Al-Qur’an) dengan tahapan Tahsin, Tashih, dan Tahfidz yang sudah di aplikasikan oleh musyrif dan musyrifah dalam membimbing mahasiswa asrama.

Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, SH., MH. Sekaligus membuka acara menyampaikan kegiatan Dauroh yang dilaksanakan oleh Asrama Mahasiswa UMJ ini termasuk ke dalam ikhtiar Ramadan, dan bagian dari menghidupkan bulan suci Ramadan.

Septa mengungkapkan bahwa subtansi dari kegiatan Dauroh Al-Qur’an baik dari teknis bacaan hingga menghafal termasuk kedalam kegiatan positif yang diadakan oleh Asrama UMJ untuk mahasiswa UMJ.

“Mempelajari Al-Qur’an itu dalam subtansi tidak akan pernah ada habisnya,” ungkap Septa.

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ اْلقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Artinya: Sebaik-baik diantara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)

“Sebagai seorang musyrif harus memiliki bekal dan sebaik-baiknya manusia yang mempelajari Al-Qur’an adalah mengajarkan kembali,” sambung Septa.

Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan selama bulam suci Ramadan, Septa berharap calon Musyrif dan Musyrifah untuk mengikuti kegiatan Dauroh Al-Qur’an dengan baik sebagai bekal untuk menyambut mahasiswa baru “Jadikan asrama ini Center of Excellence pusat keunggulan bagi mahasiswa UMJ,” tutup Septa. (KH/KSU)

Editor : Budiman