Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

PMM MBKM: Find Your Treasure

PMM MBKM: Find Your Treasure

Program “FKIP Berbincang” yang diselenggarakan BEM dan IMM FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membahas MBKM (Foto: Catur Rohmiasih)

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan atau keahlian yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka (KM) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Sementara itu, Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan program dari MBKM. Salah satu kampus Muhammadiyah yaitu Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sangat mendukung program ini, terbukti dari jumlah mahasiswa yang mengikuti MBKM makin meningkat. Hal ini disampaikan oleh Dr. Suyatno, S.Pd., M.Pd.I. selaku Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dalam sambutannya pada acara FKIP Berbincang. Tema yang diambil find your treasure, peran mahasiswa dalam menemukan pengalaman autentik melalui program PMM.

Acara yang terselenggara oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP UAD berkolaborasi dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bimbingan dan Konseling (BK), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) itu sukses digelar secara daring pada Minggu, 26 Maret 2023. Pemateri pertama merupakan Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UAD Dr. Ishafit, M.Si. dan pemateri kedua Adisty Griselda, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang mengikuti PMM 2 di universitas yang berada di Makassar. Saat sesi tanya jawab, acara makin interaktif dipandu oleh Rashika Ardafa Sahila yang juga pernah mengikuti PMM angkatan 1.

Ishafit banyak menyampaikan paparan mengenai MBKM, khususnya manfaat program PMM. Pertama, untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan antarmahasiswa se-Indonesia melalui pembelajaran antarbudaya. Kedua, mengembangkan kepemimpinan dan soft skills yang adaptif terhadap beragam latar belakang sehingga meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme. Ketiga, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di Perguruan Tinggi (PT) penerima, serta mendapat pengakuan Sistem Kredit Semester (SKS). Keempat, memperkuat, menambah, dan memperkaya kompetensi mahasiswa.

Sedangkan untuk PT, dapat meningkatkan kemampuan PT dalam mengelola program pertukaran mahasiswa, meningkatkan keberagaman mahasiswa di PT penerima sekaligus membuka ruang jumpa mahasiswa dari PT penerima dan PT pengirim, serta meningkatkan kerja sama antar-PT dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Adisty mengaku banyak mendapatkan pengalaman menarik selama mengikuti program PMM. “Asyiknya bisa merasakan belajar di kampus lain di luar pulau Jawa. Saya sangat senang dapat mengenal banyak kawan di sana. Pengalaman ini sungguh tidak akan terlupa,” ungkapnya. Selain itu, Adisty juga mendapatkan mata kuliah modul nusantara bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebhinekaan, wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air.

Dalam modul ini ada 4 jenis kegiatan utama. Kegiatan pertama kebhinekaan, yaitu mahasiswa mengikuti kegiatan promosi kebhinekaan yang diadakan PT penerima. Contohnya seperti kunjungan museum, kunjungan rumah ibadah, tur wisata, dan lain-lain. Kegiatan kedua inspirasi. Mahasiswa mengikuti talkshow dari figur inspiratif daerah. Contohnya budayawan daerah, atlet berprestasi daerah, kepala daerah, pengusaha, figur-figur sukses, dan sebagainya.

Kegiatan ketiga yaitu refleksi. Mahasiswa merefleksikan pengalaman kebhinekaan untuk memahami dan menghargai keberagaman. Misalnya diskusi kelompok, refleksi, dan renungan. Kegiatan keempat, kontribusi sosial. Mahasiswa melaksanakan kegiatan kontribusi sosial di daerah PT penerima. Contohnya bakti sosial, pentas budaya, relawan rumah sakit, membuat kelas inspirasi di sekolah, dan lain sebagainya.

Di akhir acara Ishafit menyampaikan, “Sesuai dengan pemeo dari PMM yaitu ‘Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya’, harapannya untuk program PMM angkatan 3 pada tahun ini lebih banyak yang mengikuti. Mengingat pengalaman belajar dan bersosial yang besar. (ctr)

uad.ac.id