Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BUSANA

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TATA BUSANA

Sesuai dengan substansi kurikulum dalam bentuk bidang keahlian yaitu, kompetensi yang dikuasainya dalam bentuk performance (unjuk kerja), dan melaksanakan pekerjaan yang sesungguhnya (real job), alami (natural), Uji Kompetensi Kejuruan dapat memenuhi pencitraan dari substansi kurikulum tersebut

Uji Kompetensi Keahlian ini memadukan unsur belajar, berlatih dan bekerja. Sedangkan Uji Kompetensi Keahlian Master Learning ditunjukan yaitu anak menyelesaikan suatu tahapan pembelajaran. Peserta didik dilatih pada prosedur kerja yang sistematis, menyelesaikan suatu produk (barang atau jasa, melalui pekerjaan yang sesungguhnya), sehingga didalamnya ada perpaduan antara pembelajaran dan penilaian dalam aktivitas. Dengan diadakan Uji Kompetensi Keahlian ini mutu lulusan SMK Marsudirini Marganingsih sesuai dengan tuntutan DU/DI kali ini SMK Marsudirini Tata Busana bergandengan dengan PT DAN LIRIS SUKOHARJO yang mengharapkan kesempurnaan lulusan yang berproses melalui pembelajaran berstandart ,bermuatan edukasi dan penuh makna .

Program Keahlian Tata Busana di SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta dilakukan pada akhir masa pendidikan sebelum menempuh Ujian Sekolah, sehingga menjadi tolok ukur bagi siswa untuk memperoleh sertifikat keahlian. UKK tahun 2023 ini, untuk Tata Busana diikuti oleh 8 Peserta yang salah satunya adalah berjenis kelamin Pria yang kebetulan tergolong ABK (tunarungu) ,dengan mengambil paket soal ke 4 yaitu Membuat Busana Pesta. tersebut telah berlangsung selama empat hari dengan waktu 24 Jam, yakni Jumat , Senin-Rabu, 10, 13-14 Maret 2023 dengan rincian waktu dan kegiatannya sebagai berikut :

No Hari/Tanggal Kegiatan
1 Jumat, 10 PERSIAPAN UKK
  • Hari ke 1 ( 6 jam ) : Meletakkan pola/pattern layout, menggunting/memotong bahanutamadan bahan pelengkap untuk Busana Pesta
  • 2 Senin, 13 Maret 2023 UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK)
  • Hari ke 2 ( 6 jam ) : Memasang lapisan/furing dan mulai menjahit Busana Pesta
  • 3 Selasa, 14 Maret 2023 UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK)
  • Hari ke 3 ( 6 jam ) : Melanjutkan menjahit Busana Pesta
  • 4 Rabu, 15 Maret 2023 UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK)
  • Hari 4 ( 6 jam ): Melanjutkan menjahit, penyelesaian akhir dan menghias , Penilaian
  • 5 Kamis, 16 Maret 2023 Peragaan Busana Hasil Karya UKK 2023 yang di peragakan olehperancang masing masing.

    Kegiatan di atas Diassessi oleh dua penguji yakni internal dan eksternal. Penguji internaldiambil dari Ketua Program Keahlian yang saat ini dijabat oleh Ibu Nanik Sri Lestari, S.Pd dan penguji eksternal dari PT DAN LIRIS SUKOHARJO yang memiliki Sertifikat Kompetensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yakni Assesor Ibu Siwi Kapatmi yang didampingi oleh Assesor Bapak Dadang Oksi Priwahyudi.

    Hari ke lima adalah peragaan busana pesta Hasil Karya UKK 2023 yang telah selesai mereka kerjakan selama 4 hari ( masing masing 6 jam ) yang tidak termasuk dalam waktu ujian,tetapi sebagai titik kulminasi kegiatan UKK bersama jurusan Tata Boga dan DKV. Pragawatinya adalah juga perancang busananya ( peserta ujian ) kecuali peserta yang laki laki yang ABK( Anak Berkebutuhn Khusus ) karena temanya Busana/Gaun Pesta. Tetapi justru hasil karya ABK ini yang menjadi sorotan tamu yang hadir karena hasil karyanya yang elegan. Dan setelah peragaan salah satu tamu ada yang mendatangi dan minta di jahitkan baju yang sama untuk menjadi pelanggannya. Dalam hal ini bisa diansumsikan bahwa SMK Marsudirini Surakarta mampu mendidik ABK sesuai tuntutan dari pemerintah.

    Dan setelah peragaan busana selesai, mendapat apresiasi dari pengawas SMK (Ibu Dra. Retnaningsih, M.Pd) yang hadir dalam pidatonya. ( rep. Nanik, 2023 )