Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Memanfaatkan Teknologi, Ujian Akhir Sekolah (US) SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2023 dengan CBT Berjalan dengan Baik

Memanfaatkan Teknologi, Ujian Akhir Sekolah (US) SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2023 dengan CBT Berjalan dengan Baik

SMK Negeri 5 Pekanbaru laksanakan Ujian Sekolah (US) dengan menggunakan Teknologi melalui CBT dab berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti, Jumat (31/03/2023). Pelaksanaan ujian kelas XII dan XIII terbagi ke dalam beberapa kelas yang masing masing berjumlah 20 peserta didik. Dengan menggunakan teknologi, peserta didik cukup membawa perangkat gawainya dan memasukkan NIS masing-masing langsung dapat mengikuti setiap mapel yang diujiankan. Ujian Sekolah (US) dilaksanakan selama sepekan dimulai pada tanggal 27 Maret 2023 s.d 04 April 2023 dengan diikuti oleh 576 peserta didik yang terbagi ke dalam 17 rombel. Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM, menjelaskan bahwa kegiatan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) adalah bentuk rangkaian evaluasi terhadap peserta didik setelah sebelumnya mengikuti kegiatan UKK.

“Alhamdulillah, pelaksanaan ujian dengan menggunakan CBT kelas XII dan XIII untuk tahun ini berjalan dengan lancer tanpa ada kendala yang berat. Saya sangat berharap anak anak kita dapat mengerjakan dan menjawab soal dengan baik. Saat ini memang anak anak kit akelas XII dan XIII sudah memasuki tahap evaluasi terakhir setelah pada minggu sebelumnya anak-anak kita mengikuti Ujian Semester dan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), dan semoga semua hasil dari rangkaian ujian tersebut membuahkan hasil yang maksimal tentunya”, jelas Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM pada saat memberikan sambutan.

Terlihat peserta didik mengikuti ujian dengan sangat serius dan tenang, baik di mapel produktif ataupun normatif. Salah satu peserta didik dari kelas XII TITL, Desta, juga menyatakan bahwa pelaksanaan ujian dengan menggunakan CBT berjalan dengan cukup efisien dan baik. Di samping peserta didik dapat menghemat waktu, mereka juga dapat mengulang ulang pertanyaan dengan cukup menscrool halaman di android.

“Cukup menyenangkan sih sepertinya Ujian dengan menggunakan teknologi ya. Di samping kita dapat menghemat waktu juga terasa tidak membosankan serta dapat focus dalam menjawab soal soal ujian yang disajikan. Untuk ujian sekolah (US) tahun ini, Alhamdulillah semua soal dapat terjawab dengan baik, tapi ya semoga saja dapat memberikan hasil yang terbaik nantinya”, Jelas Desta, siswi kelas XII TITL saat memberikan pernyataan.

Dengan adanya rangkaian evaluasi peserta didik dari mulai Ujian Akhis Semester (UAS), Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dan Ujian Sekolah (US) dapat menjadikan tolak ukur peserta didik untuk melanjutkan jenjang berikutnya. Baik yang ingin bekerja, kuliah atau berwirausaha. Red. Jhoe.