Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTS Negeri 4 Klaten Laksanakan Pesantren Ramadan 1444 H Selama 2 Hari

gambar siswa kelas IX E sednag tadarus Alquran di halaman madrasah

Pedan-MTs Negeri 4 Klaten laksanakan pesantren Ramadan selama 2 hari. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis-Jumat (13-14 April 2023) dan diikuti oleh seluruh siswa MTs Negeri 4 Klaten.

Kegiatan pesantren Ramadan di hari pertama dimulai dengan salat Dhuha yang dilaksanakan di masjid Annida. Setelah itu siswa kembali ke kelas dan melaksanakan tadarus Alquran. Target tadarus Alquran adalah khatam 30 juz dalam sehari sehingga setiap kelas membaca sesuai dengan juz yang telah dibagikan. Untuk kelas 7 membaca 1 juz sedangkan kelas 8 dan 9 tiap kelas membaca 2 juz.

Setelah tadarus Alquran kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pesantren Ramadan. Sebelum pulang siswa melaksanakan salat zuhur berjamaah di masjid.

Ada yang berbeda dengan pesantren Ramadan pertama kali ini. Salat zuhur yang biasanya diimami oleh bapak guru, untuk kali ini diimami oleh ustaz Muhammad Lutfi Afandi yang merupakan alumni dari MTs Negeri 4 Klaten dan sekarang menjadi imam masjid Al falah Sragen. Ustaz Muhammad Lutfi Affandi juga memberikan tausiah dengan tema perbaiki sholatmu maka Allah akan memperbaiki akhiratmu. Pada penyampaian materi pesantren Ramadan ustaz mau Luthfi juga memberikan materi di kelas 7A dengan tema Ramadan bulan latihan.

Kegiatan pesantren Ramadan hari kedua diawali dengan salat Dhuha kemudian tadarus Alquran. Tiap kelas membaca juz selanjutnya. Setelah tadarus Alquran siswa berkumpul di masjid untuk menyaksikan lomba kultum Ramadan. Lomba ini diikuti oleh perwakilan kelas. Masing-masing kelas mengirimkan satu wakilnya. Bertindak sebagai juri dari lomba kultum adalah Ibu Nursofiah Nasution, Ibu Titi Mahayati, dan Bapak Edi supraptana. Agenda pesantren Ramadan hari kedua selesai pada pukul 11.00.

LY