Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMEGAONE GELAR PESANTREN RAMADHAN 1444 H

SMEGAONE GELAR PESANTREN RAMADHAN 1444 H

SMK Swagaya 1 Purwokerto menggelar Pesantren Ramadhan 1444 H. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan peserta didik tersebut dilaksanakan mulai tanggal 17-18 April 2023 di Aula SMK Swagaya 1 purwokerto. 

Kepala sekolah Jumari, S.Pd. saat membuka acara menyampaikan bahwa sebagai generasi muda itu harus berani menghadapi tantangan zaman. Menghadapi tantangan zaman dengan pengetahuan umum saja tidaklah cukup. Maka seyogyanya diimbangi dengan pengetahuan agama. 

“Para siswa harus berani menghadapi tantangan zaman. Oleh karena itu selain dengan pengetahuan umum perlu diimbangi dengan pengetahuan agama,” nasihatnya saat membuka acara. 

Rangkaian acara pesantren ramadhan untuk peserta didik antara lain kajian islam, tadarus al Quran, shalat berjamaah dan do’a bersama, serta pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah. Selain itu kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan pesantren. 

Peringatan Nuzulul Qur’an diselenggarakan tanggal 14April 2023 di antara kajian untuk kelas X dan kelas XI. Dalam peringatan tersebut dipaparkan oleh Prio Kabul Irbiyanto, SE.

Dalam tausiahnya beliau mengajak untuk menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup kita sebagai seorang muslim. Selain itu juga perlu selalu mengaktualisasi nilai-nilai al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain untuk para peserta didik, kajian islam juga diperuntukkan khusus untuk guru dan karyawan. Kegiatan ini diawali shalat dhuhur berjamaah, tadarus al Qur’an dan dilanjutkan dengan kajian interaktif. Kajian interaktif dengan berbagai tema ini memantik keingintahuan guru dan karyawan. Mereka tampak antusias dalam menyimak setiap materi yang disampaikan pemateri dan menanyakan hal-hal yang belum diketahui.   Pesantren Ramadhan ditutup oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Amar Makruf, S.Ag. beliau berpesan agar ilmu yang didapat dari kegiatan pesantren dapat diamalkan dengan baik sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih baik. (AA)