Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pembinaan Guru dan Staf TU oleh Pengawas Bina

Pembinaan Guru dan Staf TU oleh Pengawas Bina

Kamis, 27 April 2023 pukul 07.45 WIB, rapat pembinaan guru dan karyawan dilaksanakan di laboratorium MTs Negeri 7 Jember. Dalam agenda rapat ini juga dihadiri oleh pengawas MTs Negeri 7 Jember, Drs. Muadib, M.Pd. Sesuai dengan agenda rapat, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Kepala Madrasah MTs Negeri 7 Jember, Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd., terkait dengan hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) di tahun 2022. Dengan adanya Evaluasi Diri Madrasah (EDM) sehingga dapat mengetahui bagian-bagian yang akan menjadi prioritas pengembangan madrasah. Berdasarkan hasil evalusi yang telah dilakukan, MTs Negeri 7 Jember masuk ke dalam kategori madrasah dengan pencapaian yang baik. Meskipun demikian, masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dan ditindaklanjuti lagi. Salah satu skor kinerja pencapaian mutu Tahun 2022 yang mendapatkan nilai sangat baik yaitu dalam bidang budaya kedisiplinan bagi warga madrasah. Hal tersebut menunjukkan bahwa warga MTs Negeri 7 Jember telah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam bekerja. Dengan adanya kedisiplinan diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja serta produktivitas kerja para tenaga pendidik dan karyawan di lingkungan MTs Negeri 7 Jember.

Agenda rapat selanjutnya yaitu pengarahan dari pengawas MTs Negeri 7 Jember. Drs. Muadib, M.Pd. mulai bertugas di MTs 7 Jember terhitung dari ulan Februari 2023. Beliau menyampaikan bahwa saat ini kompetensi tenaga pendidik mulai menjadi sorotan terutama dalam penjaringan peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Hal tersebut menunjukkan bahwa perlunya peningkatan kompetensi tenaga pendidik. Sebagai seorang guru yang profesional tentunya harus memiliki program prioritas dalam menentukan pencapaian kegiatan belajar mengajar. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang menerapkan pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk mendukung pengembangan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Peningkatan kompetensi tenaga pendidik juga dapat dilakukan melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dengan adanya ini diharapkan para tenaga pendidik dapat meningkatkan profesionalitas dalam bidang keilmuannya. Melalui MGMP, para guru mata pelajaran dapat menentukan materi-materi esensial yang harus disampaikan kepada siswa sehingga dapat mencapai target pembelajaran yang diinginkan. Untuk dapat mencapai target pembelajaran, seorang guru harus melalui 3 tahapan diantaranya pemrograman, pelaksanaan, dan evaluasi. Oleh sebab itu diperlukan proses yang periodisasi baik dalam skala mingguan, bulanan dan tahunan untuk dapat mencapai target pembelajaran tersebut.