Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Sucikan Hati di Hari yang Fitri dengan Silaturahmi

Sucikan Hati di Hari yang Fitri dengan Silaturahmi

Islam merupakan agama yang mulia. Dalam agama kita tersebut, banyak sekali ajaran kebaikan, seperti silaturahmi. Salah satu bentuk silaturahmi yang biasa dilakukan setelah bulan Ramadan yaitu Halal Bi Halal. 

Special Performance dari Rohis SMAHA.

Rabu, 3 Mei 2023 warga SMAHA mengadakan kegiatan Halal Bi Halal. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setelah libur lebaran sekaligus menjadi puncak penutupan event Ramadhan yang digelar oleh Rohis SMAHA. Kegiatan ini diawali dengan membaca dzikir pagi bersama, sholat dhuha, pembacaan ayat suci Al Quran dan sari tilawah, serta membaca Asmaul Husna.. Tak lupa, seperti biasanya, Rohis memeriahkan acara dengan performance yang memukau. Mereka menampilkan drama musikal.

Kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., mengucapkan minal aidin walfaizin. Beliau mengajak warga SMAHA untuk mempererat tali silaturahmi. “Rezeki tidak selalu uang, tapi persaudaraan dan silaturahmi merupakan rezeki yang sangat mulia. Dengan saling memaafkan satu sama lain, semoga ukhuwah Islamiyah tetap terjaga. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari kegiatan Halal Bi Halal ini.”, tambah beliau. 

Habib Hamid bin Sholeh Baagil hadir sebagai pendakwah di sesi tausiah

Sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Sucikan Hati di Hari yang Fitri dengan Silaturahmi”,  Habib Hamid bin Sholeh Baagil hadir sebagai pendakwah di sesi tausiah. Beliau menjelaskan terkait sejarah Halal Bi Halal. Habib Hamid juga menambahkan apabila manusia berbuat dosa, kemudian meminta ampunan kepada Allah, maka dosa tersebut akan diampuninoleh Allah. Sedangkan apabila kita berbuat dosa kepada manusia, tapi kita tidak meminta maaf kepadanya, maka kita tidak mendapat ampunan dari dosa yang kita perbuat. Maka dari itu beliau mengajak para warga SMAHA untuk memperbanyak istighfar, selalu menjaga silaturahmi, serta meminta maaf atas kesalahan yang kita perbuat. “Mari di momen mulia Idul Fitri ini kita saling memaafkan satu sama lain, karena pada hakikatnya Idul Fitri artinya adalah manusia kembali ke awal semula diciptakan (masih bersih). Rasulullah mengutuskam manusia untuk bersilaturahmi. Allah melaknat orang yang memutus hubungan silaturahmi”, tambah beliau.

Siswa SMAHA antusias mengikuti kegiatan Halal Bi Halal.

Kegiatan Halal Bi Halal ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Habib Hamid memberikan beberpa pertanyaan. Siswa SMAHA sangat antusias untuk menjawab pertanyaan dari Habib.