Selasa, 23 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAPTA Gelar Upacara Hardiknas Semarak Merdeka Belajar

SMAPTA Gelar Upacara Hardiknas Semarak Merdeka Belajar

Menindaklanjuti surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia nomor 1281/MPK.A/TU.02.03/2023, SMA Negeri 1 Pringgarata (Smapta) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Selasa, 2 Mei 2023.

Upacara ini berlangsung dengan tertib dan lancar yang melibatkan seluruh warga sekolah baik dari kalangan guru, karyawan/staf tata usaha, hingga siswa/siswi SMAPTA dengan mengenakan pakaian adat.

Peringatan Hardiknas 2023 ini sendiri diselenggarakan semata-mata untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme insan pendidikan serta untuk mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantara selaku bapak perintis yang menegakkan pendidikan di Indonesia.

Adapun tema yang diusung tahun ini yaitu “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”. Hal ini sesuai dengan pidato Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim yakni mengenai peluncuran merdeka belajar dalam beberapa tahun terakhir untuk memberikan kebebasan kepada seluruh pendidik, mahasiswa, serta siswa/siswi untuk lebih berinovasi sehingga tercipta generasi pelajar pancasila yang cerdas, berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Menanggapi hal tersebut Sriharyati, SE., selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum sekaligus pembina upacara menyampaikan bahwa dengan kurikulum merdeka sangat memberikan ruang gerak yang lebih luas terhadap guru maupun peserta didik.

“Melalui kurikulum merdeka alhamdulillah memberikan ruang gerak yang luas terhadap peserta didik, dan guru sehingga bisa berinovasi, dan kreatif tentang bagaimana sistem pembelajaran, model pembelajaran yang diterapkan di kelas maupun melalui program P5,” ungkapnya usai kegiatan upacara (02/05).

Selain itu guru ekonomi tersebut juga berharap melalui merdeka belajar peserta didik dapat menemukan minat dan bakatnya.

“Semoga dengan penerapan kurikulum merdeka peserta didik bisa untuk menemukan kompetensi, potensi, minat, bakatnya sehingga bisa mencetak generasi emas,” tambahnya.

Selain itu, siswa/siswi SMAPTA ikut serta menanggapi kegiatan hari pendidikan tersebut, salah satunya Siska Jayanti siswi kelas X yang menyampaikan rasa syukurnya karena upacara terlaksana dengan lancar.

“Alhamdulillah upacara berjalan lancar, dengan terlaksananya upacara ini mengingatkan kita semua terhadap para pahlawan yang telah memperjuangkan pendidikan di Indonesia,” ucapnya (02/05).

Sebagai informasi, upacara peringatan hari pendidikan ditutup dengan rangkaian acara halal bihalal antar guru dengan siswa/siswi usai hari raya Idul Fitri 1444 H beberapa hari yang lalu.(elga).

Penulis: Elga Liani

Editor: Pengelola Website Sekolah