Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

OUTBOND BAGI SISWA-SISWI KELAS 9 GUNA MEREFRESH DAN MEMOTIVASI PERSIAPAN MENGHADAPI ASPD UTAMA

OUTBOND BAGI SISWA-SISWI KELAS 9 GUNA MEREFRESH DAN MEMOTIVASI PERSIAPAN MENGHADAPI ASPD UTAMA

Yogyakarta (MTs Muhammadiyah Karangkajen) – MTs Muhammadiyah Karangkajen melaksanakan Outbond bagi siswa-siswi kelas 9 guna merefresh dan memotivasi persiapan menghadapi ASPD utama, kegiatan outbond dilaksanakan pada hari Rabu (3/5) yang bertempat di Mini Zoo Jogja Exotarium, Materi outbond langsung dipandu oleh tim outbond Mini Zoo Jogja Exotarium yang sudah profesional, dan berpengalaman dibidangnya.

Outbond bagi siswa-siswi kelas 9 diawali sambutan dari saryanto sebagai Wakaur kesiswaan MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta yang dalam sambutanya menyampaikan kepada peserta outbond untuk mematuhi tata tertib madrasah dan tata tertib di tempat outbond serta peserta outbond bisa mengikuti rangkaian kegiatan dengan serius dan disiplin, kemudian menyerahkan sepenuhnya kepada tim outbond Mini Zoo Jogja Exotarium untuk memandu pelaksanaan outbond sepenuhnya.
Kegitan Outbond dilaksanakan dengan diawali pembagian kelompok besar yaitu kelompok putra dan putri. Selanjutnya peserta outbond diarahkan ke tempat pelaksanaan outbond yang sudah disiapkan. Sebelum dilanjutkan dengan game – game suru peserta didik diajak untuk perkenalan dengan para instruktur outbond dan pemanasan terlebih dahulu.

Memasuki acara game yang mengasah ketangkasan, kecerdasan dan kekompakan, maka instruktur membagi peserta outbond menjadi kelompok-kelompok kecil. Selanjutnya kegiatan outbond langsung dipandu oleh instruktur outbond yang dimana tawa riuh peserta outbond bergemuruh ditempat outbond yang menandakan outbond berjalan lancer dan gembira.

Acara semakin ramai dan keseruan-keseruan lainya tersajikan, momen-momen ini yang pasti akan menjadi kenangan indah bersama teman-teman satu kelas, satu Angkatan, satu perjuangan. Kegiatan outbond beranjak kepada permainan air yang dimana lokasi halang rintang pada kolam air, yang disana sudah disediakan halang rintang yang harus dilewati peserta outbond, ketika gagal maka akan terjatuh kekolam air, peserta outbond sangat semangat mengikuti kegiatan ini bahkan ada yang secara sengaja menjatuhkan badanya kekolam air.

Kegiatan outbond memasuki rute terakhir yaitu susur sungai yang dimana peserta outbond merasakan keseruan yang amat ketika melewati air sungai yang jernih asli dari mata air pegunungan dan belum terkontaminasi oleh limbah apapun. Kegiatan susur sungai yang dilaksanakan dari hulu ke hilir sekitar 500m jarak yang ditempuh oleh peserta outbond tidak menjadi persoalan berat justu malah memberikan semangat lebih bagi peserta outbond. Setelah sampai ke hilir peserta diarahkan ketempat ganti dan melaksanakan Sholat duhur kemudian dilanjut makan siang dan kegiatan santai yang digunakan untuk berkunjung melihat-lihat satwa-satwa atau tempat-tempat permainan yang tersedia di Mini Zoo Expotarium. (EkaS)