Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 di MTs Negeri 4 Klaten

Tahun pelajaran 2022/2023 akan segera berakhir. Untuk siswa kelas 9 diadakan asesmen madrasah. Asesmen madrasah merupakan asesmen terakhir dari seluruh tahapan asesmen yang ada di madrasah. Asesmen madrasah di MTs Negeri 4 Klaten ada dua jenis, yaitu tertulis dan praktik. Asesmen tertulis dilaksanakan pada 3-9 Mei, sementara asesmen praktik dijadwalkan pada 10-13 Mei 2023.

Ada 159 siswa kelas IX MTs Negeri 4 Klaten yang menjadi peserta asesmen madrasah. Untuk asesmen tertulis dibagi ke dalam 8 ruang. Ruang 1 sampai dengan 7 masing-masing ditempati oleh 20 peserta asesmen. Ruang 8 ditempati oleh 19 peserta. Pada masing-masing ruang hanya ada 1 pengawas. Pengawas ruang asesmen adalah guru MTs Negeri 4 Klaten sendiri. Meskipun yang menjadi pengawas ruang asesmen adalah guru sendiri, namun tetap mengedepankan independensi dan kejujuran. Sebelum melaksanakan tugas, pengawas menandatangani pakta integritas.

Ada 13 mata pelajaran yang diujikan pada asesmen tertulis. Mata pelajaran tersebut adalah Al Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, PPKn, dan Seni Budaya. Untuk asesmen praktik ada 10 mata pelajaran. Mata pelajaran tesebut adalah Al Qur’an Hadis, Fikih, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Seni Budaya, Prakarya, dan Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Asesmen yang dilaksanakan hanya praktik adalah mata pelajaran Prakarya dan Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan.

Koreksi bersama asesmen madrasah tertulis dijadwalkan pada 15 Mei. Setiap lembar jawab pada mata pelajaran yang diujikan pada asesmen tertulis dikoreksi oleh dua guru MTs Negeri 4 Klaten yang telah ditugaskan berdasarkan SK dari kepala madrasah.

Nilai pada asesmen madrasah menentukan kelulusan siswa. Nilai asesmen dan nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 digabung untuk nilai pada SKHU yang nantinya digunakan untuk mendaftar sekolah ke jenjang berikutnya. Gabungan kedua nilai ini juga menjadi nilai pada ijazah.

LY