Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Selamat dan Sukses Siswa SMA Laboratorium Unsyiah dalam lomba WYIE ( World Young Inventors Exhibition) oleh ITEX Malaysia 9 s.d 14 Mei 2023

Sebanyak 20 siswa SMA Laboratorium Unsyiah mengikuti lomba WYIE ( World Young Inventors Exhibition) oleh ITEX (International Invention, Innovation & Teknologi Exhibition) di KLCC ( Kuala Lumpur Convention Center Malaysia) 9 s.d 14 Mei 2023.

WYIE diselenggarakan dengan tujuan mendorong para inevator muda untuk berani mengeksplorasi kemampuan kreativitas dan berpikir kritis melalui pemunculan ide kreatif serta menciptakan karya inovatif. WYIE juga bertujuan untuk mengapresiasi para peneliti dan inovator muda yang telah mendedikasikan diri mereka dalam pengembangan dan kemajuan inovasi di Indonesia.

Melalui bimbingan guru fisika Ibu Zuchra Ulfa, M.Si juga sebagai Ka.Lab dan Ibu Hasrati, M.Si yang juga laboran SMA Laboratorium Unsyiah, berhasil mengembangkan kreativitas siswa dalam inovasi dan berkreasi bidang penelitian. Penelitian membantu memecahkan masalah hari-hari dalam bentuk teknologi dan produk.

Sejak Januari telah mengembangkan ide kreatif dan melaksanakan dan merealisasikan ide dalam bentuk penelitian. Bahkan dalam libur bulan puasa kemarin guru dan siswa setiap hari hadir melakukan pengembangan penelitian menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Alhasil ada tiga produk yang telah berhasil dikembangkan untuk diperlombakan dalam ajang WIYE ini.

20 siswa dikelompokkan menjadi 3 tim ikut dalam persiapan lomba melakukan penelitian bidang fisika dan biokima telah berhasil dirampungkan 90 % dalam bentuk produk. Jumat 5 Mei 2023, ke 3 tim melakukan simulasi presentasi lomba dihadapan dewan guru. Tanggapan dewan guru sangat bangga akan hasil karya dan performa siswa .

Dukungan wali murid siswa sangat mengambil andil dalam keberhasilan keberangkatan siswa yang dijadwalkan 9 Mei 2023 melalui bandara Iskandar Muda Blang Bintang Banda Aceh. Wali murid bersama guru sepenuh hati mendukung kelancaran proses persiapan siswa baik dari segi mental dan materi.

Wakasek SMA Laboratorium Unsyiah Dr.Rini Safitri.M.Si, yang selalu mengawal kelancaran kegiatan terus mendukung dan memberi solusi disaat ada kendala. Kepala sekolah Dr. Nasir Usman.M.Pd sangat bangga akan kerjasama yang solid antar warga sekolah dan wali murid dalam persiapan dan kelancaran perlombaan ini.

Perjuangan dan kerja keras semua pihak yang terlibat semoga membawa tim SMA Laboratorium Unsyiah meraih prestasi yang mengharumkan Aceh dan Indonesia. Amin