Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTsN 2 Boyolali Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2023 dengan Pakaian Adat

Boyolali – MTsN 2 Boyolali memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 dengan melaksanakan Upacara bendera di halaman madrasah, Senin (02/05/2023). Dalam kesempatan ini, Kepala MTsN 2 Boyolali, H. Arkanuddin, S.Ag., M.PdI. bertindak sebagai Pembina upacara. Adapun tema dari upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 ini adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

Hadir pula para tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik dengan warna yang berbeda karena mengenakan pakaian adat khas  daerah.

Dalam amanatnya, Arkanuddin membacakan pidato menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, Nadiem Makarim tentang capaian pendidikan di Indonesia selama 24 episode kurikulum merdeka.

“Selama tiga tahun terakhir perubahan besar terjadi disekitar kita, dari ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semua semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki hajar dewantoro,” Ujar Arkan saat membacakan  sambutan.

Cita-cita yang dimaksud yakni pendidikan yang menuntun bakat minat dan potensi peserta didik, agar mereka mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

“Salam sejahtera bagi kita semua salam budaya Selama 3 tahun terakhir perubahan besar terjadi di Indonesia. Pendidikan sekarang ini menuntun bakat  minat dan potensi peserta didik. Sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat, kepala madrasah yang  awalnya kesulitan memonitor pendidikan, sekarang dapat dengan mudah dengan hadirnya platform merdeka belajar. Selain itu melalui platform merdeka belajar, sekarang para guru telah banyak inovasi. Sejalan dengan kurikum merdeka maka seleksi masuk perguruan tinggi pun sekarang diukur dengan literasi dan nalar”.

“Semua ini adalah hasil kerjakeras bersama, hardiknas ini adalah waktu yang tepat bagi Kita semua dari tantangan yang hadir, kita dapat merancang arah perjalanan kedepan guna memastikan keberlanjutan layanan merdeka belajar. Kita semua para pendidik, tendik,  seniman, dan peserta didik di penjuru nusantara adalah kapten pada kapal besar indonesia. Perjalanan harus dilanjutkan agar anak bangsa bisa memerdekakan belajar. Selamat hari pendidikan, Jakarta 2 Mei 2023, Menristekdikbud Nadiem Makariem,” amanatnya. (AA)