Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah


Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau lebih disingkat dengan (PKKS) merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menilai Kinerja dari Kepala Sekolah, karena Kepala Sekolah yang profesional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya.
Penilaian seorang Kepala Sekolah dilakukan oleh pengawas dari dinas pendidikan dengan menggali informasi dari pihak guru, tenaga kependidikan, murid dan orang tua murid melalui intrumen penilaian kepala sekolah.
SMA Negeri 1 Kadipaten melaksanakan program PKKS ini pada hari Selasa, 22 November 2022 di bawah penilaian tim pengawas Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX.
Hadir dalam kegiatan tersebut, tim pengawas sekaligus penilai kepala sekolah, Drs. Heru Subandono, M.A dan Agus Hermawan, S.Pd. M.Si, Kepala SMA Negeri 1 Kadipaten, guru serta staf Tata Administrasi Sekolah, perwakilan murid dan orang tua murid.
Ada 4 komponen penilaian kinerja kepala sekolah yaitu komponen pengembangan diri dan orang lain, komponen kepemimpinan belajar, komponen kepemimpinan manajemen sekolah, komponen pengembangan sekolah.
Di penghujung kegiatan PKKS, Drs. Heru Subandono, M.A. selaku pengawas dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa Barat memberikan refleksi hasil penilaian baik dari dokumen dan hasil wawancara. Kegiatan ditutup dengan foto bersama tim penilai dengan tim persiapan penilaian kinerja kepala sekolah.