Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Unila Gelar UTBK-SNBT Tahun 2023

Unila Gelar UTBK-SNBT Tahun 2023

(Unila): Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasiskan Tes (UTBK-SNBT) untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 gelombang pertama pada Senin, 8 Mei 2023.

Humas PMB Unila Dr. Fitra Dharma S.E., M.Si., menyampaikan, total peserta UTBK-SNBT akan diikuti oleh 16.530 peserta, naik 3,6% dari tahun sebelumnya 15.962 peserta.

Pelaksanaan UTBK-SNBT gelombang pertama dilaporkan berjalan lancar, peserta UTBK telah mengikuti prosedur pelaksanaan ujian dengan ketat dan sesuai peraturan yang ada.

Alhamdullilah berjalan dengan lancar. Pertama peserta dikumpulkan di lokasi ujian kemudian mereka dipanggil namanya dan berbaris. Kita melakukan pengecekan salah satunya adalah dengan metal detector untuk mengurangi kecurangan, dan mencegah temuan kecurangan salah satunya seperti peserta yang pakai kamera. Setelah itu mereka dimasukkan ke ruangan simulasi untuk melakukan simulasi terkait hal-hal teknis ujian kemudian menunggu waktu ujian dimulai,” jelas Dr. Fitra.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., melakukan monitoring pelaksanaan ujian yang berlangsung di UPT TIK Unila dan beberapa ruangan di fakultas. Ketua pelaksana penerimaan mahasiswa baru Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T., yang juga Wakil Rektor 1 Unila, sejak pagi hari mengendalikan langsung pelaksanaan SNBT Unila. 

UTBK-SNBT Tahun 2023 gelombang pertama selama 7 hari, mulai dari tanggal 8 hingga 14 Mei 2023 di 5 tempat yang berbeda, yaitu di UPT TIK, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, dan UPT Pusat Bahasa.

Sementara Pelaksanaan SNBT Gelombang kedua akan dilaksanakan pada 22-28 Mei 2023. Pelaksanaan 2 gelombang UTBK-SNBT ini membutuhkan 53 orang penanggung jawab lokasi dan 411 orang pengawas ruangan.

Selama pelaksanaan UTBK-SNBT, UNILA telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung kelancaran seleksi, seperti pengamanan, pusat informasi, dan penyediaan fasilitas kesehatan.

Dr. Fitra menuturkan, setelah pelaksanaan UTBK-SNBT, Unila akan mengadakan ujian untuk jalur Mandiri. Penyelenggaraan ujian Mandiri Unila tahun ini akan dilakukan sendiri dan tidak tergabung dengan jalur SMMPTN barat.

Untuk pendaftaran jalur Mandiri Unila 2023 akan dibuka pada bulan Juni, dan tes ujian masuk jalur Mandiri akan dilaksanakan pada awal Juli dan akan bekerja sama dengan perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Provinsi Lampung. [Humas/Rilis]