Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Semangat Menulis, Rektor UMSU Serahkan Royalti Kepada 130 Penulis UMSU Press

Tingkatkan Semangat Menulis, Rektor UMSU Serahkan Royalti Kepada 130 Penulis UMSU Press

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP melalui Wakil Rektor 1 UMSU Prof. Dr. Muhammad Arifin, M.Hum menyerahkan royalti kepada 130 penulis buku terbitan tahun 2023 UMSU Press . Diserahkan, Kamis (13/4) di BI Corner Perpustakaan UMSU Jalan Muchtar Basri No. 3 Medan.

Kegiatan ini telah dilakukan selama tiga tahun terakhir. Penulis yang menerima royalti semakin meningkat, dimulai dari tahun 2021 sebanyak 16 penulis dengan 210 buku terjual, tahun 2022 sebanyak 51 penulis dengan 1106 buku terjual dan di tahun 2023 meningkat sebanyak 130 penulis dengan 1814 buku terjual.

Menurut Kepala Perpustkaan UMSU Assoc. Prof. Dr. Muhammad Arifin, M.Pd buku-buku terbitan UMSU Press telah terjual secara nasional bahkan Internasional melalui platform Amazon Book.

Mendengar perkembangan UMSU Press yang signifikan, WR 1 Prof. Arifin mengatakan selama 3 tahun ini, tidak hanya buku yang bertambah tapi juga penulis-penulisnya. Hal tersebut menjadi ciri meningkatnya semangat menulis.

“Alhamdulillah, UMSU Press yang berdiri sejak tahun 2013, buku-bukunya sudah dikenal secara nasional dan internasional melalui Amazon. Jika mau lebih go internasional, maka menulislah dengan bahasa asing,” ujar Prof. Arifin.

Dia juga mengatakan, jika sudah memilih profesi menjadi dosen, maka menulis adalah suatu keniscayaan. Menurutnya, menulis karya yang disajikan dalam bentuk buku, dapat mengangkat penulisnya menjadi terkenal dan dipercaya keilmuannya.

Sementara itu, perwakilan penulis UMSU Press Dr. Faustyna, M.I.Kom mengaku bangga bisa menerbitkan karya-karyanya di UMSU Press. Dia juga memberikan semangat kepada sesama dosen, terus menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk buku yang dapat mendukung kepangkatan sebagai pendidik.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat royalti dan bingkisan kepada 10 penulis dengan penjualan terbanyak selama tahun 2023. Dilanjutkan penyerahan buku pedoman UMSU Press kepada WR 1 Prof. Arifin.