Kamis, 01 Juni 2023
Perguruan Tinggi

DWP Unila Gelar Talk Show dan Lomba Fashion Show dalam Rangka Hari Kartini

DWP Unila Gelar Talk Show dan Lomba Fashion Show dalam Rangka Hari Kartini

(Unila): Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2023, Darma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Lampung (Unila) menggelar talk show dan lomba fashion show dengan tema “Kartini Masa Kini Inspirasi Perempuan Indonesia”.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., pada Senin, 8 Mei 2023, di Gedung Student Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) kampus setempat.

Talk show menghadirkan narasumber Miss Intercontinental 2022 Dita Fatimatuzzahra yang merupakan mahasiswi Universitas Lampung jurusan Hubungan Internasional.

Dita berbagi pengalaman dan tips bagaimana menjadi perempuan yang berprestasi dan berdaya di era globalisasi. Selain itu, talk show mengupas tentang peran perempuan dalam pembangunan nasional dan tantangan yang dihadapi.

Lomba fashion show diikuti 18 peserta terdiri dari anggota DWP unit kerja maupun fakultas di lingkungan Universitas Lampung. Para peserta menampilkan busana kebaya dengan berbagai variasi dan kreativitas.

Lomba ini bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa sekaligus menunjukkan eksistensi perempuan Indonesia yang modern dan elegan. Pemenang lomba akan diumumkan pada 11 Mei 2023.

Ketua DWP Unila Yuniarto Suripto mengatakan, tema kegiatan ini terinspirasi dari sosok Rektor Prof. Lusmeilia Afriani yang merupakan rektor perempuan pertama Unila sekaligus seorang ibu yang memotivasi anak-anaknya untuk menggapai cita-cita setinggi langit.

Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan DWP Unila. Ia mengatakan, perempuan Indonesia memiliki potensi besar untuk berkarya dan berinovasi di berbagai bidang.

“Kita semua menjunjung tinggi martabat sebagai wanita, tetapi tak lupa tugas peran utama sebagai seorang ibu yang akan membesarkan putra-putrinya untuk menjadi orang-orang berguna bagi nusa dan bangsa,” ujarnya.

Puncak acara Lomba Fashion Show diadakan pada 11 Mei 2023 di belakang gedung rektorat, di mana para peserta memperagakan busana kebaya sekali lagi.

Melalui acara ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk terus maju dan meraih prestasi seperti yang telah dicontohkan para perempuan inspiratif sebelumnya. [Humas/Magang_Agatha Monica Silaban]