Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

LPM UIN SU MEDAN GELAR WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI BAGI MAHASISWA UIN SU MEDAN

LPM UIN SU MEDAN GELAR WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI BAGI MAHASISWA UIN SU MEDAN

Medan (UIN SU)|
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan menggelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Mahasiswa Strata Satu pada hari Senin dan Selasa, tanggal 08 – 09 Mei 2021 di Gedung Jabal Nur Asrama Haji Medan. Workshop ini dihadiri oleh 50 peserta dari 8 fakultas di lingkungan UIN SU Medan ditambah 2 orang mahasiswa dari Universitas Negeri Medan (UNIMED).

Workhsop ini digelar dalam rangka menfasilitasi para mahasiswa program sarjana untuk menerbitkan artikelnya di Jurnal Terakreditasi Nasional sebagai salah satu bentuk Tugas Akhir Mahasiswa dalam memperolah Gelar Sarjana. Berdasarkan Keputusan Rektor Nomor 325 Tahun 2021 tentang Bentuk Tugas Akhir Mahasiswa Program Sarjana UIN SU Medan, bahwa bentuk tugas akhir mahasiswa tidak hanya skripsi, tetapi ada empat pilihan: Skripsi, Artikel Jurnal Terakreditasi Nasional, Terjemahan Naskah Berbahasa Indonesia ke Bahasa Asing dan Teknologi Tepat Guna.

Workhsop ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, yaitu Prof. Dr. Hasan Asari, MA. Dalam sambutannya Prof Hasan menyampaikan terimakasih kepada LPM yang telah menfasilitasi workshop ini. Kemudian beliau menyemangati para peserta untuk banyak menulis sebab; Pertama, secara teologis, menulis merupakan perintah dari Allah, sebagaimana disebutkan dalam surat Al-‘Alaq ayat 5. Dalam surah ini, perintah menulis didahului dengan perintah membaca (Iqra’), karena tidak akan bisa menjadi penulis yang baik dan produktif tanpa sebelumnya menjadi pembaca yang baik. Dalam pepatah Arab disebutkan: Faqid al-Syai’ La Yu’thi (Yang tidak memiliki, tidak bisa memberi). Dalam hal ini perlu dibangun sikap menilai segalanya sangat penting. Karena pentingnya, kita membacanya dan menuliskannya.

Kedua, menulis memperpanjang usia. Prof Hasan mengutip Mulyadi Kartanegara, menyebutkan bahwa “Aku Menulis Karena Aku Ingin Kekal.” Para Ilmuan, baik muslim maupun non muslim, yang banyak melahirkan karya ilmiah, seperti buku atau artkel, selalu dikenang, dikutip dan disitasi generasi berikutnya, padahal ilmuan yang dimaksud telah lama wafat, sepert Imam Syafi’i, Al-Khawarjmi, Hamka dll. maka jika ingin panjang umur, maka menulislah…!

Ketiga, Tumbuhkan komitmen menulis. Prinsipnya, segala problema bisa diselesaikan dengan membangun komitmen atau konsistensi yang kuat. Misalnya, konsisten dalam membiasakan diri menulis setiap hari. Seluruh penulis yang berhasil selalu berawal dari komitmen yang kuat.

Keempat, Jangan takut gagal. Mahasiswa sebagai anak muda berhak untuk gagal. Sebab gagal menjadi pemicu untuk berhasil. Artinya semakin cepat gagal, maka semakin cepat berhasil. Kegagalan diwaktu tua, semakin menambah waktu yang lama untuk untuk berhasil, pungkasnya.

Sebagai narasumber dalam workshop ini adalah Dr. Ja’far, MA. Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe. Dihari pertama beliau akan menyampaikan materi teori penulisan karya ilmiah dan dihari kedua akan mendampingi para peserta dalam prektek menulis artikel jurnal nasional terakreditasi. Output dari workshop ini adalah tersedianya artikel mahasiswa yang siap submit dijurnal nasional terakreditasi.
Hadir dalam workshop ini seluruh tim LPM UIN SU Medan Dr. Sahkholid Nasution, MA. Dr. Isnaini Harahap, MA. Dr. Syafrudin Syam. MA. Prof. Dr. Mesiono, MA, Khairina Tambunan, MEI, Wahyu Sarvina, MA, Moladin Lubis dan Ja’far. (SN/LPM)