Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

12.680 Peserta Terdaftar Ikut Ujian UTBK di UNTAN

12.680 Peserta Terdaftar Ikut Ujian UTBK di UNTAN

Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) merupakan tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang harus dilalui calon mahasiswa yang mendaftar jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ( SNBT ).

Pelaksanaan UTBK SNBT pada tahun 2023 pada gelombang pertama akan dilaksanakan pada 8 Mei mendatang. Berbagai persiapan juga telah matang dilakukan salah satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kalbar yakni Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak.

Total pendaftar yang akan mengikuti ujian UTBK SNBT di Untan untuk tahun 2023 ini sebanyak 12.680 peserta, yang tersebar diseluruh kabupaten kota di Kalbar.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Tanjungpura Pontianak , Dr Ir Radian menyampaikan bahwa lokasi ujian UTBK akan tersebar di tiga Kampus di Kalbar yakni lokasi utama di Kampus Untan, dan Untan bekerjasama dengan kampus lain sebagai Lokasi Sub UTBK Untan yakni di Politeknik Negeri Sambas, dan Politeknik Negeri Ketapang.

“Jadi pelaksanaan Ujian UTBK UNTAN  akan tersebar di Kampus UNTAN, Politeknis Negeri Sambas, dan Politeknis Negeri Ketapang.  Yang mana saat ini sedang berlangsung pelatihan bagi pengawas UTBK di Sambas dan Ketapang,” jelasnya.

Total dari 12.680 peserta UTBK Untan, dikatakannnya terdapat 10.896 peserta akan mengikuti Ujian UTBK di UNTAN, dan 1.143 peserta di Poltesa Sambas, serta 641 peserta mengikuti ujian UTBK di Kampus Politeknik Negeri Ketapang.

Jadi sebelumnya para peserta UTBK ini juga bisa memilih tempat  ujian terdekat dengan lokasi tempat tinggal masing-masing.

“Jadi kemaren kita pecah menjadi tiga lokasi untuk membantu mengurangi transport para peserta,”ucapnya.

Sedangkan untuk berbagai fasilitas pendukung lainnya yang akan digunakan saat UTBK seperti komputer lainnya juga sudah dipersiapkan dengan matang di tiga kampus tersebut.

“Kalau untuk di UNTAN sudah kita siapkan jumlah PC sebanyak 640 buah, dengan 32 Ruangan, yang tersebar di beberapa lokasi UNTAN untuk 10.896 peserta,”ujarnya.

Sedangkan untuk  Sub UTBK Untan lokasi di Poltesa Sambas sudah disiapkan PC sebanyak  155 buah, dan 7 ruangan di satu lokasi. Lalu untuk Sub UTBK Untan lokasi di Politap Ketapang telah disiapkan PC sebanyak 100 buah dengan 4 ruangan di dua lokasi.