Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Dua Prodi FILKOM Raih Akreditasi Unggul LAM INFOKOM

Dua Prodi FILKOM Raih Akreditasi Unggul LAM INFOKOM

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) mendapatkan kabar gembira dan patut berbangga. Kabar gembiranya dua Program Studi yakni Teknik Informatika (TIF) dan Teknologi Informasi (TI) mendapatkan akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika & Komputer (LAM INFOKOM). FILKOM sendiri patut berbangga karena seluruh Program Studinya telah terakreditasi Unggul.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa bahwa Prodi TI telah melaksanakan asesmen lapangan selama dua hari, pada Jum’at (10/3/2023) dan Sabtu (11/3/2023) dengan tim asesor  Dr. Prihandoko, S.Kom, MIT (Universitas Gunadarma Jakarta) dan Dr. Wiharto, S.T., M.Kom (Universitas Sebelas Maret Surakarta). Sedangkan Prodi TIF melaksanakan asesmen lapangan pada tanggal 16 dan 17 Maret 2023 dengan tim asesor Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc dari Universitas Indonesia (UI) bersama Prof. Dr. Kusrini, M.Kom dari Universitas AMIKOM, Yogyakarta.

Capaian akreditasi ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi FILKOM UB. Hal ini karena FILKOM berupaya untuk menjadi kampus dengan keilmuan komputer unggulan di Indonesia dengan capaian memberikan kualitas pendidikan yang berstandar unggul. Sebelumnya enam Program Studi di FILKOM juga sudah mendapatkan akreditasi Internasional AQAS (Agentur für Qualitätssicherung Durch Akkreditierung von Studiengängen) yang diterima pada bulan Februari 2023 lalu. Tentunya akreditasi yang didapat FILKOM UB baik secara nasional maupun internasional akan semakin memberikan tantangan tersendiri bagi FILKOM agar dapat lebih baik dan lebih maju dari sebelumnya.

Dekan FILKOM, Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D. juga turut mengapresiasi kepada seluruh Sivitas Akademika FILKOM UB yang turut andil dalam kemajuan FILKOM memperoleh akreditasi nasional dan Internasional.

“Dengan terakreditasi seluruh Program Studi di FILKOM  berarti  menunjukkan kualitas pendidikan dan kurikulum telah memenuhi standar baik secara nasional maupun internasional dan memiliki kualifikasi setara universitas- universitas terkemuka di Indonesia bahkan dunia dalam bidang Computer Science,” terangnya.

LAM INFOKOM sendiri merupakan lembaga mandiri yang dibentuk dan diprakarsai oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), Association for Information Systems Indonesia (AISINDO), Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (INDOCEISS) dan bertugas untuk mengelola dan mengevaluasi proses pengajuan akreditasi program studi di rumpun dan bidang Informatika dan Ilmu Komputer. Akreditasi Unggul yang didapat Prodi TIF dan Prodi TI ini berlaku sampai dengan 7 April 2028.[drn/Humas UB]